Khasiat Serba Guna Daun Encok

daun encok

Sejak zaman dulu, tumbuh-tumbuhan sudah dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Terapi alami memang sangat baik, hanya saja kita sering malas melakukannya. Karena ingin yang praktis dan cepat. Padahal belum tentu langsung mengatasi penyakit.

Anda mengenal daun encok? Ternyata tumbuhan ini cukup banyak manfaatnya untuk kesehatan. Daun encok berasa pahit, dan ampuh untuk mengobati rematik sendi, memar, keseleo, nyeri lambung, kurap, dan kanker darah.

Rematik sering dialami orang tua. Tulang sendi terasa nyeri. Segera ambil daun encok segar segenggam. Dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Tambahkan air hangat secukupnya sampai adonan seperti bubur. Kemudian gunakan untuk menggosok bagian tubuh yang sakit. Lakukan 2 kali sehari.

Sedangkan untuk sakit kepala caranya juga mudah. Siapkan daun encok secukupnya, lalu dipipis. Tambahkan sedikit minyak kelapa sampai menjadi adonan seperti bubur. Letakkan di pelipis dan bagian kepala yang sakit selama 30 menit.

Kencing kurang lancar pun bisa diatasi dengan daun ini.
Gunakan daun sendok secukupnya, tambahkan adas pulosari lalu giling halus. Gosokkan ramuan tersebut di bawah perut bagian bawah, tepat di posisi kandung kencing. Cukup 30 menit agar tidak terjadi lepuh.

Sementara untuk mengobati kanker darah, ambil akar daun encok, biji Livistona chinensis, Hedyotis diffusa (rumput lidah ular) dan Verbana officinalis (verbenae herba/ma bian cao), masing-masing 30g, dan Spica prunellae (xia ku cao/dari tumbuhan Prunella vulgaris L.) 15g.
Akar daun encok direbus terlebih dahulu selama 4 jam dengan air bersih secukupnya. Tambahkan air bila air rebusanya berkurang. Setelah 4 jam, baru bahan obat lain-lainya dimasukkan. Didihkan kembali selama setengah jam. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 3 kali minum. Sehari 3 kali, masing-masing sepertiga bagian.

Bagaimana dengan kelainan kulit? Ambil akar daun encok, lalu cuci dan tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit susu dan air sambil diaduk merata sampai menjadi adonan seperti pasta. Oleskan ke bagian tubuh yang sakit.

Namun, bagi wanita hamil dilarang menggunakan ramuan daun encok. Bila timbul keracunan pada kulit, cepat cuci dengan asam borat (boric acid). Daun hanya digunakan untuk pemakaian luar dan dibatasi selama 30 menit. (ais)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s