Cabe Merah Mengatasi Luka Teriris

Bagi Anda yang menyukai masakan pedas, pasti tak melupakan sambal sebagai pelengkap hidangan. Memang rasa pedasnya menimbulkan selera makan yang tinggi. Tak heran, kalau dengan sambal yang lezat porsi makan jadi bertambah banyak. Tetapi jangan salah, cabe atau lombok ini punya manfaat besar untuk mengatasi gangguan kesehatan.

Cabe yang pedas itu dapat menyembuhkan luka-luka akibat terkena pisau atau luka iris. Pasti Anda bayangkan cabai akan membuat luka terasa pedas menyakitkan. Pada umumnya kalau terluka diolesi obat merah. Padahal dengan cara yang lebih sederhana ini, luka-luka akan sembuh dengan cepat. Caranya, cabe merah dikeringkan kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu ditaburkan pada luka-luka.

Sekali lagi jangan dibayangkan kalau bubuk cabai akan membuat perih atau luka terasa panas membakar. Justru sebaliknya, akan menghentikan dengan cepat nyeri dan pendarahan.
Karena cabe merah menormalkan aliran darah dan mengandung zat kimia pelega sakit yang disebut capsaicin. Zat ini berguna untuk menyembuhkan rasa nyeri. Sehingga dijadikan bahan dalam salep penghilang sakit.

Kalau Anda masih ragu, sekali waktu lakukan cara ini dan buktikan sendiri khasiat cabe rawit. Itu cuma salah satu khasiat dari cabe rawit. Bahkan cabai ini efektif juga sebagai obat demam. Namun yang digunakan bukan cabainya, tetapi daunnya.

Cara ini sebagai alternatif yang mudah, murah dan cepat. Daun cabe rawit dapat menurunkan demam yang menyerang kapan saja. Tentu saja, terapi alami ini dapat dilakukan tanpa mengandung risiko yang membahayakan. Seperti halnya daun dadap yang biasa untuk mengompres demam. Daun cabe cukup efektif juga untuk menurunkan demam tinggi.

Caranya, pertama ambil segenggam daun cabai rawit. Lalu dihaluskan, dan tambahkan 1 sendok minyak selada. Campurkan kedua bahan ini sampai rata. Setelah itu ditempelkan pada ubun-ubun

Atau juga dibalurkan pada seluruh badan.
Kemudian selimuti badan penderita dengan selimut yang tebal. Tak berapa lama, pasti badan akan hangat dan mengeluarkan keringat. Sehingga panas badan akan menurun dengan cepat. Karena cabai sekaligus daunnya mengandung zat penghangat tubuh. (ais)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s