Buah Kelapa Mengobati Koreng Kepala

Buah kelapa (cocos nucifera) enaknya dibuat minuman. Siang yang panas minum es kelapa muda, badan jadi seger. Kelapa memang populer di mana saja. Tetapi barangkali Anda belum tahu, buah kelapa juga dapat dimanfaatkan mengobati penyakit.

Mulai dari batang, pohon, daun sampai buah kelapa dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari. Lihat saja di pedesaan, daun kelapa kering dan sabut kelapa dapat digunakan untuk kayu bakar. Batangnya juga baik sebagai kayu bangunan, selain untuk kayu bakar.

Buahnya apalagi. Kelapa muda atau degan (Jawa) adalah minuman yang lezat dan menyehatkan. Buah kelapa yang tua untuk santan dan berbagai masakan. Kelapa mempunyai berbagai jenis. Ada kelapa hijau, kelapa merah, kelapa manis, kelapa bali, dan kelapa jepara. Kelapa ini berukuran besar.

Sedangkan yang berukuran kecil misalnya kelapa gading, kelapa sriwulan, kelapa raja, dan kelapa puyuh. Gizi yang terkandung dalam kelapa antara lain lemak, protein, karbohidrat, mineral Ca, P dan Fe.

Gangguan kesehatan yang dapat sembuhkan dengan kelapa antara lain diare, dan koreng di kepala. Di samping itu kelapa dapat melancarkan buang air kecil dan meningkatkan daya ingat.
Untuk mengobati diare yang dimanfaatkan adalah akar kelapanya. Ambil akar kelapa setengah tua, dicuci bersih lalu direbus dengan 4 gelas air. Sampai airnya tersisa 3 gelas. Lalu minumlah sehari 3 kali setiap gelas. Sebentar kemudian diare akan mampet.

Sedangkan untuk memperlancar kencing, siapkan kelapa muda 2 buah. Buanglah bagian atas dan airnya. Kemudian siapkan santan 2 gelas, jagung manis 1 kaleng, gula pasir 1 gelas, air 2 gelas, daun pandan 2 lembar dan seperempat sendok teh garam.
Caranya, masaklah santan bersama daun pandan sampai mendidih. Lalu masukkan jagung dan masak dengan api kecil selama 10 menit. Kemudian masukkan gula pasir dan aduk sampai merata. Setelah itu masukkan jagung dan santan yang telah dimasak ke dalam kelapa. Langsung diminum atau dapat juga disimpan dulu di kulkas.

Koreng kepala juga sembuh bila Anda rajin mengobatinya dengan buah kelapa. Ambil seperdelapan kelapa kemudian dibakar sampai hangus. Setelah itu ditumbuk sampai halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya aduk sampai rata.
Campuran ini dapat dioleskan pada koreng di kepala. Lakukan setiap hari menjelang tidur. Anda mulai pelupa. Cobalah terapi buah kelapa untuk mempertajam ingatan. Sediakan 500 cc air kelapa, 100 gr anggur dijus, 100 gr lengkeng segar yang telah dibuang bijinya. Bahan-bahan itu dijus dengan 1 buah mengkudu. Beri sesendok madu, diaduk kemudian minumlah dengan teratur. (ais)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s