Atasi Rematik dengan Sawi

sawi
Sawi hijau biasa dikonsumsi untuk campuran masakan. Seperti dicampur dengan bakso, mie ayam, dan cap jay. Atau masakan yang khas untuk sawi hijau. Tanaman ini berasal dari daratan Asia, kemudian dikenal sebagai sayuran yang lezat dan banyak mengandung gizi.
Kandungan gizinya antara lain vitamin C, B, tiamin, niasin dan riboflavin.

Selain itu sawi sebagai sumber Fe, Ca, dan K yang baik. Sawi mempunyai jenis yang cukup banyak. Diantaranya, sawi bakso, sawi huma, sawi putih, sawi keriting dan sawi monumen.
Sawi mempunyai banyak kegunaan untuk mengatasi gangguan kesehatan.

Yakni dapat mengobati rematik, katarak dan patah tulang. Bila Anda menderita rematik dapat dilakukan terapi sawi hijau ini dengan teratur.

Untuk melakukannya sangat mudah, hanya dibutuhkan ketelatenan agar penyakit cepat sembuh. Caranya, sediakan 15 gr akar sawi langit, 15 gr akar tanaman pacar cina, 10 gr jahe merah diiris-iris, 1 buah mengkudu yang matang dipotong-potong. Semua bahan itu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa separuhnya.

Air itu disaring kemudian tambahkan madu, aduk rata. Ramuan itu siap diminum setiap hari dengan teratur. Dan niscaya rematik akan sembuh seperti sediakala.

Sementara itu sebagai obat katarak, ambil 60 gr sawi putih yang telah dikukus hingga matang, 25 gr jamur putih kering yang telah direndam hingga lembut. Bahan-bahan itu diblender dengan air saringan 3 gr teh yang diseduh dengan 100 cc air panas. Air blenderan itu dapat diminum kapan saja.

Patah tulang sebenarnya dapat juga diatasi dengan biji sawi hijau. Ambil biji sawi yang besar atau mustard secukupnya. Lalu dihaluskan dengan ditambah cuka beras putih. Aduk rata dan oleskan pada bagian yang sakit. Ramuan ini memang hanya untuk obat luar. (ais)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s