Kunci Rahasia Dalam Berkarir

Apapun pekerjaan yang Anda lakukan, pasti ada ketentuan yang mesti dipatuhi agar karir lebih mulus. Sehingga dalam meraih sukses dalam karir sama artinya dengan melibatkan sebuah pengorbanan. Bila ingin sukses, jangan segan untuk berkorban. Ingat saja. bahwa kalau sukses dalam karir bisa diraih dengan mudah, tentunya semua orang sudah mengendarai mobil mewah yang nyaman. 

Setelah melakukan pengorbanan yang bisa berupa jerih payah Anda untuk datang dan pulang melewati jalanan yang padat. Mengorbankan waktu yang semesti dibagi bersama orang-orang tersayang, Anda juga mesti sadar bahwa dalam berkarir. Anda sebenarnya sendirian. Bahkan bila Anda bekerja dalam sebuah perusahaan besar yang memiliki beberapa orang pegawai dalam satu bagian kecil.

Ada banyak hal yang bisa terjadi dalam sebuah bisnis dan perusahaan. Perusahaan di satu sisi bisa menawarkan peningkatan karir, pelatihan (training), dan lain sebagainya. Tapi Anda juga mesti melihat bahwa dalam sebuah bisnis, sernuanya tergantung pada kondisi pasar.  Merger, akusisi. pengambilalihan maupun kompetisi internasional bisa saja mengubah keadaan yang tadinya nyaman jadi sebaliknya. Anda mesti menjaga din sendiri. Mereka yang sering mengharap terlalu banyak pada perusahaan seringkali akan dikecewakan.

Kantor bisa menjadi tempat yang menyenangkan dan menantang. Dilain pihak,kantor juga bisa jadi sangat nnenyulitkan. Yang mesti Anda ingat adalah bahwa perusahaan akan menghargai usaha, perencanaan yang matang serta latihan yang Anda lakukan. Namun jangan heran bila sebaliknya, hukuman akan diberikan atas kurangnya perhatian serta perencanaan.

Apabila Anda tak mengontrol diri dan membiarkan sernuanya terjadi begitu saja, jangan terkejut bila nantinya mendapatkan rasa tak nyaman dalam berkarir. Bila sudah tak suka dan tak nyaman, Anda tak lagi punya semangat untuk bekerja.  Setiap orang memiliki sesuatu yang berbeda dibanding yang lainnya. Ada hal- hal unik dan khusus yang dimiliki setiap orang.

Ada orang-orang yang mernang sangat cocok dengan pekerjaan yang dilakukannya, ada yang tidak meskipun pekerjaannya sama. Begitu halnya dengan Anda. Beberapa pekerjaan mungkin cocok dengan Anda sementara yang lainnya mungkin tidak. Jika Anda berada di ternpat yang tepat, karir bisa menanjak dengan cepat, dan sebaliknya. Agar Anda bisa merasa sangat bahagia, belajarlah untuk mengenali diri sendiri.

Memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengetahui bakat yang Anda miliki. kesukaan, keterampilan yang dengan mudah dikuasai, kemampuan hingga ke tingkat emosi. Buatlah sebuah desain akan kehidupan kerja yang dianggap sangat ideal bagi Anda. Lalu. jangan ragu untuk mengejarnya. Setelah mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, perhatikan juga urusan keuangan.

Ingatlah bahwa karir yang Anda miliki nantinya akan menjadi sumber penghasilan terbesar Anda. Jadi perhatikan betul harga ‘pasaran’ yang Anda miliki. Bisa jadi gaji yang didapatkan sekarang sudah pas benar dengan nilai Anda. Narnun jangan menganggap bahwa Anda tak mungkin telah mendapatkan gaji yang lebih tinggi atau lebih rendah dari pasaran. Jangan menilai diri sendiri terlalu tinggi ataupun rendah

___________________________________________________
Be more concerned with your character than your reputation,
because your character is what you really are,
while your reputation is merely what others think you are
******************************************************************
Sumber : Milis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s