PANTANGAN DALAM BERTENGKAR

Pertengkaran merupakan suatu hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan sepasang kekasih ataupun suami istri. Tetapi karena terbawa emosi, sering perkataan ataupun tindakan Anda menimbulkan sakit hati yang mendalam bagi pasangan. Bagaimana caranya agar tidak mengakibatkan sakit hati dalam suatu pertengkaran ?

Berikut akan diuraikan mengenai beberapa pantangan dalam bertengkar :

  • Hindarilah pertengkaran yang sudah melibatkan tindakan fisik(kekerasan). Antara lain menampar, memukul. Jauhilah tindakan tersebutkarena akan menimbulkan trauma pada salah satu pihak dan mungkin saja Andaakan dituntut di pengadilan karena melakukan tindakan kekerasan pada suami/istri Anda.
  • Ungkapkanlah perasaan Anda secara terbuka. Bila Anda sedih, kecewa,marah, putus asa, dan merasa diabaikan, ungkapkan perasaan tersebut dengankata-kata dan jangan dipendam. Kekecewaan yang dipendam akan mendatangkanpenyakit pada diri Anda sendiri antara lain sakit maag dan dapat menimbulkan Lebih baik terbuka atas segala kekecewaan pada pasangan sehingga iamengetahuinya dan memperbaiki hubungan Anda berdua.
  • Hindari kata-kata yang sifatnya menjatuhkan harga diri pasangan(misalnya : malas, goblok, dll) apalagi di depan anak-anak. Bertengkar didepan anak sebaiknya dihindarkan pula karena kurang baik bagi perkembanganpsikologis mereka nantinya. Kemungkinan mereka akan bersikap murung, tidakmenghargai salah satu orangtuanya karena sikap orang tuanya juga begitu.
  • Kalau Anda mau mengkritik pasangan sebaiknya yang dikritik adalahperilakunya bukan karakternya. Misalnya : pasangan Anda membeli handphonelagi, dan Anda sebaiknya tidak mengatakan “Sayang, boros sekali, kan masihada handphone yang lama”, tetapi lebih baik “Sayang, model handphonenyatrendy ya, bagaimana kalau handphone yang lama dijual saja?”
  • Dengarkan pasangan Anda. Mendengarkan merupakan suatu kegiatan yangjarang sekali bisa dilakukan dengan baik, karena orang yang sedangmendengarkan selalu punya kecendrungan untuk menyela. Mendengarkan denganpenuh perhatian pada apa yang diucapkan pasangan akan membuat pasangan Andamerasa dihargai dan dipercaya.
  • Berdebat tentang isu nyata. Sering ditemui pada pasanganyang salah satunya sedang memendam rasa kecewa, sedikit saja kekeliruan ataukesalahpahaman sudah dapat menjadi kobaran api pertengkaran di antara Misalnya : membuang bungkus permen tidak pada tempatnya. Tetapibukan kejadian inilah yang membuatnya marah tetapi ada penyebab lainnya
    yaitu ketidakpuasan seks. Sebaiknya hal-hal yang menjadi pokok kekecewaan-lah yang didiskusikan dan bukan hal lainnya. Karena tanpa Anda mengungkapkan kekecewaan, tentu saja pasangan tidak akan mengerti apa yang membuat Anda marah atau kecewa padanya.
  • Peganglah prinsip : win for win solution yang artinya penyelesaiandimana tidak seorangpun yang kalah tetapi keduanya adalah pemenang. Tidakada yang merasa dirugikan ataupun disalahkan tapi berdua bersama mencaripenyelesaian yang terbaik bagi hubungan Anda.

Dengan pemahaman adanya pantangan-pantangan dalam bertengkar akan menjadikan rumah tangga ataupun hubungan dengan kekasih semakin kokoh dan tahan
 

Sumber :Milis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s