TIPS MENGIKIS KEBOSANAN

Hampir setiap orang pernah mengalami rasa bosan yang biasanya ditandai dengan kejenuhan, buntu, tak tahu harus berbuat apa, tak bergairah. Bila kebosanan tak segera teratasi maka biasanya diikuti oleh rasa kesal, kecewa, malas, merasa tak dihargai, dan sebagainya. Tentu kita tak semestinya berlarut-larut dalam kebosanan.

Bukan saja karena kebosanan membuat anda tidak produktif, bosan bisa membuat anda kehilangan kesempatan, memiliki  berprasangka buruk dan emosi negatif lain. Ini akan merugikan anda sendiri. Berikut ada beberapa tips ringan untuk mengikis rasa bosan sebelum kebosanan menelan anda mentah-mentah.

  1. Kenali kebosanan anda.
    Seringkali kita mencampur-adukkan kebosanan dengan perasaan-perasaan lain, seperti kecewa, jengkel pada orang lain, merasa tak berharga, dan lain sebagainya. Langkah terutama dalam mengatasi kebosanan adalah mengenali mengapa kita bosan. Bertanyalah pada diri sendiri dan cari tahu mengapa kita bosan.  Apakah kita bosan karena telah melakukan hal yang sama terus-menerus? Atau anda bosan karena berselisih paham dengan orang lain (misal: atasan) sehingga anda kecewa, lantas anda tak bergairah dan bosan? Bosan hanya akibat bukan sebab, karena itu carilah penyebabnya, lalu coba untuk mengatasinya.
  2. Bergeraklah, berkeringatlah!
    Apa pun penyebab rasa bosan, anda dapat mengikis kemalasan atau perasaan kurang bergairah dengan cara tetaplah bergerak. Lakukan sesuatu yang membuat anda bergerak dan berkeringat. Lakukan sendiri, namun lebih baik lagi bila anda lakukan bersama pasangan atau teman-teman anda. Anda bisa bekerja fisik (misal:  menguras bak mandi, membersihkan gudang, mengepel lantai, dll.), berolahraga dan bermain (misal: sepak bola, basket, tenis, dll.), atau melakukan apa saja yang membuat tubuh anda bergerak dan berkeringat. Meski kecut, berkeringat hingga basah kuyup membantu menyegarkan pikiran dan jiwa anda. Setelah itu anda akan temukan kegairah yang akan mengatasi kebosanan anda.
  3. Beristirahatlah dan bergembira.
    Mungkin kebosanan anda disebabkan oleh kelelahan fisik dan pikiran. Untuk itu jangan merasa bersalah untuk mengambil waktu istirahat. Bila anda kurang tidur, maka cukupkan kebutuhan tidur anda. Namun jangan lantas anda mengisinya dengan bermalas-malasan, isilah waktu istirahat dengan kegiatan yang menumbuhkan kegembiraan. Mendekat ke alam (misal: berjalan-jalan di gunung, tidur di alam bebas, bersantai sambil menikmati ikan di kolam, dll.) atau bermain-main dengan anak-anak adalah cara beristirahat sekaligus bergembira.
  4. Hayati apa yang anda lakukan.
    Sebenarnya jarang sekali kita bosan karena melakukan sesuatu yang sama berulang-ulang. Yang umum terjadi, kebosanan menyebabkan kita tidak menghayati apa yang sedang kita lakukan. Untuk mengikis kebosanan, coba hayati apa yang anda lakukan, nikmati setiap detil pekerjaan anda, perhatikan lebih sungguh-sungguh tugas anda. Di saat anda menghayatinya, anda bisa menemukan sesuatu yang baru yang mungkin terlewati. Menghayati berarti menyertakan hati dan pikiran pada pekerjaan anda. Bila anda tak mampu menghayati, anda perlu mencari sesuatu yang baru. Misal, bila anda memiliki banyak koleksi buku dan tak terlalu terrawat,cobalah menyampuli buku-buku anda. Temukan makna penghayatan di saat anda menyampuli setiap buku anda.
  5. Ubah kebiasaan anda.
    Atasi rutinitas anda dengan melakukan sesuatu dengan cara berbeda. Misal, bila anda biasa datang ke kantor pada jam 8 pagi, maka cobalah untuk datang jam 6 pagi. Rasakan betapa berbedanya. Atau, bila anda bekerja di pabrik dan tak pernah bekerja pada shift malam, cobalah untuk bekerja pda shift malam. Ini menumbuhkan fleksibilitas/kelenturan diri anda, sekaligus untuk menemukan hal- hal yang baru. Bila anda selalu makan di kantin, cobalah untuk makan di dapur kantin, pasti ada beberapa rekan yang lebih memilih makan di dapur ketimbang dimeja makan kantin. Lakukan dengan berbeda, mungkin hasilnya sama saja, namun anda akan mengalami sesuatu yang berbeda.
  6. Cobalah melakukan sesuatu yang baru.
    Ini adalah tips umum yang banyak dianjurkan untuk mengatasi kebosanan. Ya,temukan sesuatu yang baru yang membangkitkan gairah anda. Ingat: yang membangkitkan gairah anda. Karena itu pikirkan dan pilihlah apa yang ingin anda lakukan dengan cermat. Lakukan sesuatu yang membuat anda bergerak, menciptakan sesuatu dari tangan anda, atau memelihara kehidupan. Misal: belajarlah membuat kandang merpati, pagar tanaman, menjahit kain perca, membuat origami, dll.
  7. Lakukan kembali apa yang pernah anda lakukan dulu.
    Ingat-ingat apa yang yang pernah anda lakukan dulu, dan anda mendapatkan kegembiraan dari sana, tak ada salahnya anda melakukannya lagi. Misal, bila sewaktu remaja anda senang mendaki gunung, dan kini tak pernah anda lakukan, coba untuk mencari kesempatan mendaki gunung lagi. Bila anda pernah memainkan gitar, dan kini hampir lupa bagaimana caranya, pinjamlah gitar lalu pelajari kembali kesenangan anda itu. Siapa tahu ternyata anda masih lihai memainkannya.
  8. Pererat dan perluas hubungan sosial anda.
    Ada orang mengaku bosan, padahal ia kesal pada seseorang. Dalam hal ini yang perlu diatasi adalah kekesalannya dengan memperbaiki hubungannya. Rekat kembali hubungan tersebut, kekesalan pun mereda, dan kebosanan akan teratasi. Namun, toh bila anda memang sedang bosan, coba hubungi teman-teman lama anda. Ini akan membangunkan gairah diri anda. Meski hanya sekedar bercakap-cakap, anda bisa menemukan sesuatu yang baru yang bisa anda kerjakan bersama-sama. Cobalah memperluas hubungan anda. Bila anda tak pernah melakukan ronda di lingkungan anda, cobalah ikut meronda (meski mungkin hanya bersama petugas keamanan) namun rasakan betapa berbedanya perasaan itu.

    Sumber : Rekan-Kantor.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s