Rekondisi Mobil dan Motor Paska Banjir

Banjir terjadi di mana-mana, apa saja tergenang dan mobil serta motor bisa saja tidak terselamatkan, tenggelam hingga ke atap. Parahnya, banjir tidak juga surut hingga berhari-hari ; padahal semakin lama mobil berendam, semakin buruk akibatnya. Di Jakarta, ribuan mobil terendam karena terlambat diselamatkan. Banjir yang datang tiba-tiba pada dini hari dalam skala yang luas, memang menyulitkan upaya memindahkannya.

Kalau sudah demikian kejadiannya, memang nyaris tidak ada hal bagus yang bisa membesarkan hati. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi biaya perbaikannya. National Automobile Dealer Association,sebuah asosiasi dealer mobil AS, memberikan daftar 10 tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi mobil yang telah terendam banjir.

  1. Jangan sekali-kali mencoba menghidupkan mobil sebelumdibersihkan dan diperiksa secara menyeluruh.
  2. Secepat mungkin keringkan mobil Anda agar komponen mobil tidakterlalu lama bersentuhan dengan air.
  3. Bila mobil anda diasuransikan, laporkan segera kondisi mobilyang terendam banjir.
  4. Catat kedalaman air yang membanjiri mobil. Data ini sangatmembantu mekanik atau montir untuk mengevaluasi dan mengambillangkah-langkah perbaikan kerusakan-kerusakan yang terjadi.
  5. Hubungi montir langganan Anda untuk mengatur pemeriksaan danevaluasi mobil.
  6. Pemeriksaan meliputi komponen mekanis seperti mesin, systemtransmisi, gardan, rem, dan sistem bahan bakar. Pemeriksaan itu untukmengetahui seberapa jauh terkontaminasi air.
  7. Termasuk juga membilas dan mengganti semua cairan, minyak danpelumas serta mengganti filter dan gasket yang terendam air. Menjalankanmobil yang cairan-nya terkontaminasi air, justru akan memperparah
  8. Pertimbangkan juga untuk membersihkan komponen rem secarakhusus dan juga komponen sistem penggerak roda belakang.
  9. Mobil-mobil keluaran terakhir memiliki lapisan pelindung yangtidak mudah melepas uap air. Direkomendasi untuk mengganti seluruh bahan iniuntuk mencegah timbulnya jamur atau lapuk yang mempengaruhi seluruh komponendan biaya perbaikannya akan meningkat.
  10. Jangan lupa untuk memeriksa seluruh sistem kabel dan komponenelektronik lainnya yang terkena air. Memang kebanyakan komponen itudirancang untuk tahan air, tapi bukan untuk menyelam di bawah permukaan air.Pada beberapa kasus, komponen-komponen itu tidak bermasalah, setelah 90 hariterendam air akan mulai berkarat.

Rangkaian tindakan itu memang rumit, butuh waktu dan biaya. Tapi ini harga yang layak untuk mengurangi kerusakan dalam jangka panjang dan mengurangi pengeluaran untuk perbaikan terus menerus.

Bila mobil sudah bersih coba teliti ulang bagian bawah karpet atau karet penutup lantai, bagian-bagian sempit di interior, bawah dashboard, celah-celah konsole, rangkaian kabel, celah-celah alternantor, motor stater dan pompa power steering.

Yakinkan pula semua bahan interior, karpet dan pelapis lainnya sudah benar-benar bersih dan kering. Teliti setiap celah, kisi dan lobang kecil jangan sampai ada lumpur yang tertinggal.

Sumber : Milis (TIPs oleh : Ilyas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s