Anak susah makan

Berikut tanya jawab dokter dan pasien ketika anak susah makan

Tanya:

Yth. dr. Dadang,
Anak saya laki-laki umur 3 tahun 2 bulan, berat badan 18 kg. Sekarang ini dia susah sekali makan. Hanya mau sesuap dua suap setelah itu menolak makan. Namun, dia sangat kuat minum susu. Dalam sehari dia bisa habis berbotol-botol. Bagaimana agar anak doyan makan? Apakah banyak minum susu bisa memberikan dampak negatif untuk anak?

Dinda – Jakarta

Jawab:

Yang terhormat Dinda,

Anak umur 3 tahun 2 bulan ideal mempunyai berat ba­dan sekitar 15 kg dan tinggi badan 98 cm. Putra An­da mempunyai pertumbuhan berat badan sedikit di atas normal untuk anak seusianya.

Anak Anda bisa diberikan makanan seperti ma­kanan orang dewasa, mengonsumsi makanan alamiah, gizi seimbang, beragam dan bervariasi sesuai kebutuhan anak umur 3 tahun 2 bulan.

Anak hanya mau sesuap dua suap setelah itu menolak makan, untuk saat ini tidak menjadi masalah besar. Anda bisa memberi makanan sesuai dengan waktu makan.

Masalah yang harus diperhatikan adalah putra Anda sangat kuat minum susu. Anak banyak minum susu, habis berbotol-botol dalam jangka lama akan memberikan dampak negatif.

Putra Anda harus mengurangi minum susu, cukup 2-3 gelas per hari saja. Selain itu, Anda bisa mengu­rangi takaran susu yang tertulis di label, misalnya empat takar susu untuk satu gelas air 150 cc, menjadi tiga takar saja atau lebih encer.

Susu mengandung kalsium juga laktosa, protein, lemak, vitamin dan mineral. Kebutuhan kalsium putra Anda bisa terpenuhi oleh 2-3 gelas susu per hari. Zat gizi lain bisa diperoleh dari makanan alamiah lainnya.

Laktosa pada susu termasuk karbohidrat sederhana mudah diserap usus dan secara cepat masuk darah. Konsumsi karbohidrat sederhana dalam jumlah banyak dan sering meningkatkan gula darah secara cepat.

Peningkatan gula darah merangsang pankreas memproduksi insulin, sehingga gula darah normal kembali. Apabila peningkatan gula darah berlangsung lama dan terus menerus dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes mellitus.

Jangan terburu-buru menghentikan makanan. Anda perlu mencoba memberikan makanan nasi lembek, lauk-pauk hewani, lauk-pauk nabati, dan sayuran sedikit demi sedikit serta berulang-ulang.

Apabila putra Anda hanya mau sesuap dua suap setelah itu menolak makan, Anda harus berhenti dulu memberi makanan. Anda harus mencoba lagi sampai anak mau membuka mulut dan menelan makanan. Bukan tak mungkin setelah Anda mengulangi 30 kali, barulah putra Anda mau mencoba makanan dan menelan sedikit saja.

Itu baru menelan makanan sedikit. Agar putra Anda doyan makan, cobalah terus diberikan makanan dalam suasana nyaman dan menyenangkan hatinya.

Dadang Arief Primana
Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Kedokteran Olahraga

Sumber: bisnis indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s