Turunkan Berat Badan Setelah Kehamilan

Diet Diikuti Olah Raga Lebih Baik daripada Hanya Diet saja

 (Erabaru.or.id) Bukti awal menganggap bahwa gabungan diet dan olah raga adalah cara yang lebih efektif untuk mengurangi berat badan setelah kehamilan daripada hanya melakukan diet saja, demikian yang disimpulkan Cochrane Systematic Review.

Wanita secara alami mengalami kenaikan berat badan selama masa kehamilan dan banyak di antaranya setelah itu turun secara bertahap, tetapi beberapa wanita menemukan kesulitan dalam mengurangi berat badannya pasca kehamilan. Berat badan yang stagnan ini mungkin salah satu faktor yang memperbesar masalah obesitas di antara kaum hawa. Banyak wanita getol mencari cara untuk mengembalikan berat badan semula, dan mempertahankan berat badan seperti sebelum kehamilan, dan banyak saran ditawarkan secara bersaing.

Dengan mempelajari data dari enam percobaan yang berbeda yang melibatkan 245 wanita, sekelompok peneliti bernama Cochrane Researchers menemukan bahwa wanita yang melakukan olahraga tidak mengalami penurunan berat badan lebih berarti dibanding wanita yang mempunyai gaya hidup standar setelah melahirkan. Tetapi, wanita yang menggabungkan olahraga dan diet mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibanding mereka yang melakukan dengan cara normal.

Mengembalikan berat badan secara bertahap setelah melahirkan nampaknya menjadi penting, karena wanita yang dapat mengembalikan berat badannya seperti semula pasca kelahiran dalam jangka enam bulan mempunyai resiko yang lebih rendah akan menderita obesitas 10 tahun kemudian.

Selain membantu mengurangi berat badan, olahraga juga memberi manfaat tambahan untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskuler wanita sehingga terhindar dari penimbunan lemak bebas, diet itu sendiri dapat mengurangi penimbunan lemak bebas, kata Amanda Amorim, pakar epidemologi di Rio de Janeiro, Brazil. (dta/sciencedaily)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s