10 Kanker Mematikan

Kanker menjadi penyebab kematian nomor 2 di Amerika Serikat, setelah jantung. Meski dapat dideteksi dini dan diobati dengan terapi termutakhir, penyakit ini tetap punya ancaman mematikan.

Sejauh ini ada sekitar 100 tipe kanker yang dikategorikan sebagai pertumbuhan sel yang tak normal, seperti dkutip dari livescience.com, 11 September 2010. Selain jenisnya yang banyak, penyebabnya pun berbeda di setiap individu.

Bagaimana sel kanker muncul dan tumbuh sampai saat ini tak dapat dipastikan dan beberapa kasus malah misterius. Dalam beberapa kasus, sel kanker bisa bersembunyi pasca-treatment. Sekitar US$200 miliar telah digunakan untuk penelitian kanker sejak tahun 1970-an.

Berikut ini 10 jenis kanker paling mematikan dan membunuh paling banyak warga Amerika Serikat dari 2003-2007, berdasarkan National Cancer Institute (NCI).

  1. Kanker Paru-paru Lung and bronchial cancer: 792,495 lives
    Ini adalah kanker paling top dalam membunuh warga Amerika Serikat. Produk rokok adalah penyebab utama. Kanker ini menyerang rata-rata usia 55 and 65 tahun, menurut NCI.   Ada dua jenis tipe kanker ini, kanker sel kecil paru-paru dan non-sel kecil. Jenis terakhir ini paling banyak dijumpai, sementara sel kecil adalah tipe yang paling cepat menyebar. Lebih dari 157.000 orang diperkirakan meninggal karena kanker ini tahun 2010.
  2. Kanker Usus Besar dan Rektum
    Kanker usus besar tumbuh di jaringan usus besar, sedangkan kanker rektum tumbuh di beberapa inci terakhir dari usus besar dekat anus, menurut NCI. Kebanyakan kasus diawali dari gumpalan kecil, sel jinak disebut polip yang dari waktu ke waktu menjadi kanker. Skrining dianjurkan untuk menemukan polip sebelum menjadi kanker, menurut Mayo Clinic. Jenis kanker ini diperkirakan akan membunuh lebih dari 51.000 orang pada 2010.
  3. Kanker Payudara
    Kanker payudara adalah kanker kedua yang paling umum ditemukan pada wanita di Amerika Serikat, setelah kanker kulit. Namun, sel ini juga ditemukan pada pria. Hampir ada 2.000 kasus pria antara 2003 dan 2008.
    Kanker biasanya terbentuk di dalam saluran yang membawa susu ke puting susu atau kelenjar yang menghasilkan susu pada wanita. NCI menduga kanker jenis ini akan membunuh 40.000 tahun 2010.
  4. Kanker Pankreas
    Kanker pankreas dimulai di jaringan pankreas, yang membantu pencernaan dan regulasi metabolisme. Deteksi dan intervensi awal sel kanker ini sulit karena seringkali kasusnya progresif, diam-diam dan cepat, menurut Mayo Clinic. Diperkirakan kanker ini akan membunuh 37.000 warga AS pada tahun 2010, menurut NCI.
  5. Kanker Prostat
    Jenis ini merupakan penyebab kedua kematian karena kanker pada pria setelah kanker paru-paru dan bronkial, menurut NCI. kanker prostat biasanya mulai tumbuh perlahan-lahan di kelenjar prostat, yang memproduksi air mani untuk mengangkut sperma. Beberapa jenis masih terbatas pada kelenjar, dan lebih mudah untuk mengobati, tetapi yang lain lebih agresif dan cepat menyebar, menurut Mayo Clinic. Kanker prostat diharapkan untuk membunuh sekitar 32.000 orang pada tahun 2010, menurut NCI.
  6. Leukemia
    Ada beberapa jenis kanker ini, namun semua berefek pada jaringan pembentuk sel darah dalam tubuh, seperti tulang belakang dan sistem limfatik. Akibatnya, tubuh memproduksi sel darah putih secara berlebihan. Klasifikasi jenis sel kanker ini berdasarkan seberapa cepat sel tumbuh dan jaringan mana yang diserang. Tipe leukemia akut myelogenous membunuh orang yang paling banyak di Amerika, yakni  41.714 jiwa antara 2003 dan 2007. Hampir 22.000 orang diperkirakan akan meninggal karena leukemia pada 2010.
  7. Non-Hodgkin: 104.407 jiwa
    Kanker ini mempengaruhi limfosit, sejenis sel darah putih, dan ditandai oleh kelenjar getah bening yang lebih besar, demam dan penurunan berat badan. Ada beberapa jenis limfoma non-Hodgkin, dan mereka dikategorikan dari seberapa cepat pertumbuhan sel dan jaringan mana yang diserang. Sekitar 20.000 jiwa akan berakhir hidupnya tahun 2010.
  8. Hati dan Kanker Saluran Empedu
    Kanker hati adalah salah satu jenis kanker umum di dunia, tetapi jarang ditemukan Amerika Serikat, menurut Mayo Clinic. Namun, angka penderita di Amerika meningkat. Sebagian besar kanker hati yang terjadi di AS dimulai di tempat lain dan kemudian menyebar ke hati. Terdekat adalah kanker saluran empedu, yang terjadi di saluran yang membawa empedu dari hati ke usus kecil. Sekitar 19.000 orang Amerika kemungkinan meninggal karena dua kanker ini.
  9. Kanker ovarium
    Kanker ovarium berada di nomor urut 4 penyebab kematian kanker pada wanita antara tahun 2003 dan 2007, menurut NCI. Usia rata-rata perempuan didiagnosis dengan itu adalah 63. Kanker ini lebih mudah untuk diobati tapi dideteksi di tahap awal. Namun, penelitian terbaru membawa secercah cahaya untuk deteksi gejala awal. Ini dapat membantu diagnosis, menurut Mayo Clinic.
    Gejala-gejala termasuk ketidaknyamanan perut, desakan untuk buang air kecil dan nyeri panggul. Hampir 14.000 wanita diperkirakan meninggal akibat kanker ovarium pada tahun 2010
  10. Esophageal cancer: 66,659 lives Kanker Kerongkongan
    Kanker ini berawal di sel yang melapisi esofagus (tabung yang membawa makanan dari kerongkongan ke perut) dan biasanya terjadi di bagian bawah kerongkongan, menurut Mayo Clinic. Kanker ini lebih menyerang laki-laki daripada perempuan Amerika antara 2003 dan 2007. Tahun ini kanker kerongkongan akan membunuh 14.500.

Sumber: Ita Lismawati F. Malau VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s