Cara Mudah Menghalau Panas

Suhu udara semakin panas saja, perlu kiat-kiat khusus untuk tetap bisa menikmati suasana tanpa merasa kepanasan. Tidak perlu terlalu mengandalkan AC sebagai pendingin ruangan. Lebih baik mencari cara yang lebih mudah, praktis, dan tidak boros energi.

  1. Salah satu cara termudah mendinginkan tubuh dengan mengkonsumsi makanan atau minuman dingin. Salad dingin, ditambah beberapa iris melon atau semangka, bisa mendinginkan lambung Anda. Buah-buahan dingin juga sangat membantu.
  2. Cobalah ‘memindahkan’ ruang makan Anda ke luar rumah. Menikmati makan siang dingin di pelataran atau kebun belakang rumah akan terasa lebih menyegarkan. Agar sirkulasi udara lebih lancar, Anda bisa memanfaatkan putaran angin buatan dari kipas angin.
  3. Bila rumah Anda dilengkapi kolam renang, langsung saja ceburkan diri ke kolam untuk mendinginkan tubuh. Atau, bila sedang tidak ingin berenang, duduk-duduk di pinggir kolam sambil menjulurkan kaki ke air yang dingin akan terasa menyegarkan. Namun, bila tak ada cukup ruang untuk membangun kolam renang sendiri, Anda bisa memanfaatkan kolam renang plastik milik anak. Letakkan kolam plastik itu di bawah bayangan rindang pohon, lalu isi dengan air bersih yang segar, dan rendam kaki di dalamnya.
  4. Saat harus melakukan pekerjaan santai di luar rumah, cobalah memakai bandana lebar yang sebelumnya direndam dalam air dingin. Cara ini sederhana, dan sangat efektif.
  5. Bekukan air minum dalam botol plastik kecil. Anda bisa meredakan panas dengan menempelkan botol dingin ini ke tubuh, dan bila telah mencair, Anda bisa meminum airnya yang dingin dan menyegarkan.
  6. Letakkan bongkahan es di depan kipas angin. Hembusan angin akan terasa lebih dingin.
    (ivillage/dila)

Sumber: SuaraMerdeka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s