Agar Kopi Tetap Nikmat

Kopi kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan. Bagi sebagian penikmat kopi, coffee is a must to start a new day. Makin marak bermunculan kedai kopi modern atau kafe khusus pecinta kopi, tentu saja membuat penikmat kopi semakin dimanjakan.

Dan tak hanya menjadi ‘teman’ berbagi suasana, mengusir penat, menyesap harum dan nikmatnya kopi ternyata menyuguhkan sensasi tersendiri.

Sekedar informasi, kopi yang segar sangat berpengaruh dari faktor waktu, udara, kelembapan, suhu panas dan cahaya, yang tentu saja mempengaruhi juga pada rasa kopi. Agar mendapatkan rasa kopi yang segar, berikut ini trik khusus agar kualitas kopi Anda tetap terjaga

Simpan kopi
Simpanlah kopi dalam tempat tertutup dengan suhu yang sejuk dan kering sekitar 50-70 derajat Fahrenheit atau sekitar 5 derajat Celcius. Jauhkan kopi dari sinar matahari dan lampu, suhunya yang mungkin terlalu panas akan mempengaruhi kualitas kopi.

Jangan simpan kopi Anda di dalam freezer. Kecuali jika Anda membeli dalam jumlah banyak, pisahkan sebagian kecil yang akan digunakan dan masukkan sisanya ke dalam plastik kedap udara dan lalu simpan di dalam freezer. Tapi ingat, bila sudah keluar dari freezer, jangan masukkan kembali ke dalamnya karena biji kopi akan menyerap rasa dan aroma bahan makanan lain serta perubahan suhu yang terjadi akan menimbulkan lembab dan mempengaruhi kualitas kopi.

Seduh Kopi
Jika Anda membuat kopi menggunakan coffee maker, pastikan tempatnya bersih dari sisa-sisa kopi sebelumnya karena itu akan mempengaruhi dan mengubah rasa kopi menjadi apek.

Seduh kopi dengan menggunakan air yang berkualitas. Bila air rumah mengandung zat besi, gunakan penyaring air. Jangan gunakan air sulingan karena dapat mengubah rasa kopi tersebut.

Terakhir, tuangkan air yang telah mendidih untuk menyeduh kopi agar seluruh rasa kopi lebih tajam saat diminum. Tunggu sekitar 30-60 detik sebelum menuangkan ke dalam gelas.

Nikmati kopi segera setelah diseduh
Rasa kopi yang nikmat akan lenyap jika didiamkan lebih dari 20 menit. Karena itu segera nikmati setelah diseduh ke dalam cangkir Anda. Ingin lebih menikmatinya? Beli biji kopi yang sudah dipanggang, lalu gilinglah. Namun harus diingat, jangan simpan kopi giling lebih dari tujuh hari karena rasanya pasti berkurang dan tidak nikmat lagi.

Nikmati kopi tanpa rokok
Sering kita jumpai bahwa menyesap nikmatnya kopi selalu asik ditemani dengan sebatang rokok mengepul. Sekedar informasi saja, kopi adalah komoditi yang sensitif. Aroma kuat di sekitar kopi justru akan mempengaruhi aroma dan rasa kopi itu sendiri. Karenanya, akan lebih baik jika menikmati kopi tanpa rokok

Temukan ‘kawan pas’ minum kopi
Minum kopi tanpa ada cemilan yang pas memang kurang nikmat. Jika teman minum kopi Amerika Latin adalah kudapan cake cokelat, itu karena kopi latin sangat beraroma cokelat. Sedang kopi Indonesia lebih berjodoh dengan cemilan yang bahannya diperoleh langsung dari dalam tanah, semisal kacang tanah atau singkong goreng.

Masukkan kopi ke dalam termos
Coffee maker terbilang praktis untuk menghangatkan kelebihan kopi Anda. Tapi terlalu sering menghangatkannya dengan coffee maker juga tidak bagus. Akan lebih baik jika kopi dimasukkan ke dalam termos.
(maya/)

Sumber: SuaraMerdeka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s