Kulit Cerah Bikin Cantik

Anekayess-online.comOuch… ternyata fungsi penting kulit banyak banget, loh. Bukan cuma sebagai pembungkus tubuh, tapi juga sebagai pelindung tubuh dan tulang dari resiko cedera akibat benturan, dari bahaya radiasi sinar matahari, melindungi organ-organ penting dari kontak langsung dengan lingkungan luar, hingga mengirim respons rasa panas, dingin, sakit dan lainnya ke otak.

Makanya, yang diperhatikan tuh jangan hanya bagaimana caranya supaya kulit kita indah supaya tampil lebih pede. Namun kebersihan dan kesehatannya juga harus jadi prioritas. Sebagai langkah awal hindari:

1. Rokok
Pastilah, kita-kita sadar betul bahaya merokok. Yang bikin bulu kuduk berdiri… menurut penelitian rokok bisa menyebabkan kanker. Trus kulit jadi kering, kusam dan cepat tua. Kerugian ini bukan hanya dirasakan perokok aktif, tapi juga perokok pasif yang nggak sengaja menghirup asap rokok. Makanya, mari kita terapkan Perda larangan merokok di tempat umum!

2. Alkohol
Dehidrasi yang disebabakan alkohol, membuat kulit gampang kering dan cepat keriput. Belum lagi dampak pembuluh darah yang membesar serta menimbulkan jerawat dan flek kemerahan pada kulit wajah.

3.
Kosmetik
Memang, kosmetik yang mereknya “jelas”, biasanya harganya selangit. Tapi harga mahal ternyata belum bisa dijadikan jaminan kalau kosmetik itu aman bagi kulit. Sebaiknya, tambah pengetahuan kita mengenai bahan-bahan yang aman bagi kosmetik. Jadi ketika membeli, kita jadi tahu mana kosmetik yang aman. Selain rutin mengkonsumsi buah-buahan segar, sayuran segar dan vitamin penunjang kesehatan kulit, sebaiknya lakukan juga:

  • Pakai Tabir Surya. Sinar ultra violet atau sinar matahari adalah faktor utama terjadinya kerusakan pada kulit, mulai dari kulit kering, kusam, muncul vlek-vlek hitam, kulit cepat keriput sampai kanker kulit. Sebaiknya, lindungi kulit kita dengan tabir surya setiap kali mau beraktivitas ke luar ruangan.
  • Banyak Minum Air Putih. Kalau nggak biasa, pasti bikin eneg dan perut kembung. Nggak pa-pa, nanti terbiasa sendiri, kok. Dimulai dengan enam gelas sehari, lalu tambahkan lagi keesokan harinya dan seterusnya. Katanya sih normalnya tuh kita minum air putih sebanyak enam sampai delapan gelas seharinya. Banyak minum air putih, mampu mencegah terjadinya kekeringan pada kulit. Air putih juga membantu mengembalikan kondisi tubuh usai berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya.
  • Tidur Cukup dan Teratur. Ini harus, biar kesehatan kulit tetap terjaga. Soalnya ketika kita tidur, tubuh juga beristirahat agar kembali normal setelah lelah beraktivitas. Lagi pula, tidur yang cukup dan teratur juga membantu mencegah munculnya lingkaran hitam di bawah mata atau kantung mata. Sudah gitu, kulit jadi segar, sehat dan cerah. Kitanya makin cantik, deh!

 

(RM/Berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s