Tips Mengamankan OS Windows (For user)

oleh: Dony Ramansyah

Tentunya sudah banyak yang membahas hal ini, namun tidak ada salahnya saya sedikit share dari pengalaman saya selama 3 tahun menjadi Technical Support Desk. OK kita mulai saja pembahasannya. Setiap OS (Operating System) yang ada semuanya tidak pernah absen dari kekurangan, pasti ada saja bug atau celah didalamnya dan hal ini bisa membahayakan data-data yang ada didalamnya. Apalagi jika didalamnya berisi data-data rahasia kita.

Untuk itu saya ingin memberikan sedikit tips untuk menjaga agar OS Windows anda tetap sehat dan aman🙂, aman dari virus, spyware dan malware yang ada saat ini. Tentunya dengan software yang legal dan free. Yah.. hitung-hitung sebagai user pemula kita setidaknya ikut membantu mengamankan PC kita sendiri, daripada mengeluarkan uang untuk memanggil teknisi jika OS kita rusak atau terkena virus. Untuk user di kantor setidaknya kita ikut membantu teknisi komputer yang ada.

Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  1. 1.Langkah pertama amankan Layer 1 (hardware) anda terlebih dahulu. Misal dengan memberikan gembok pada casing CPU anda. Gunanya adalah untuk mencegah seseorang untuk me-reset password BIOS anda.
  2. Setting password bios anda. Ini adalah langkah awal secara software untuk mengamankan PC anda.
  3. Pastikan OS Windows yang anda gunakan adalah asli !!! Ini sangat penting jika OS Windows yang digunakan asli maka kita bisa mendapatkan Update dari Microsoft. Pengalaman yang saya dapat bagaimanapun kuatnya Antivirus yang kita gunakan tetap saja PC kita bisa terinfeksi virus maupun spyware. Kemudian Update terus Windows anda secara berkala.
  4. Antivirus. Ini penting untuk mencegah virus yang terus beragam jenis dan teknik penyebarannya, baik virus lokal maupun internasional. Jika kita tidak mampu menggunakan antivirus yang asli maka gunakanlah antivirus yang free. Seperti AVG (http://free.grisoft.com/doc/5390/us/frt/0), AntiVir (http://www.free-av.com/en/download/index.html), PCMAV (http://pcmav.biz/), dan ClamAV (http://www.clamwin.com/). Walaupun free namun cukup efektif untuk mencegah virus yang ada. Jangan lupa Update antivirus anda secara rutin.
  5. AntiSpyware, digunakan untuk mencegah spyware dan malware yang dapat mengganggu kinerja PC anda, bahkan dapat juga membuat PC anda lambat, dan yang lebih parahnya bisa mencuri data-data anda. Antispyware yang free banyak, namun yang menjadi rekomendasi saya adalah “Spybot & Destroy” (http://www.safer-networking.org/en/download/index.html). Lengkap antara anti spyware dan anti malware. Update-nya pun bagus dan berkala. Bahkan bisa membantu memblokir situs-situs yang dapat membahayakan PC kita.
  6. Aktifkan selalu firewall bawaan OS Windows kita, di Windows XP sudah itermasuk di Service Pack 2 (SP2)-nya. Atau gunakan Zone Alarm sebagai firewall tambahan (http://www.download.com/ZoneAlarm-Firewall-Windows-2000-XP-/3000-10435_4-10039884.html).
  7. Jangan pernah memberikan password dan account login windows kita kepada orang lain. Usahakan untuk membuat user baru untuk orang selain kita dan jangan memberikan user tersebut hak administrator.
  8. Jangan pernah membuka situs-situs porno maupun situs-situs ilegal seperti situs yang menyediakan software bajakan atau crack maupun serial atau apapun sejenisnya. Karena biasanya situs-situs tersebut ditumpangi oleh virus maupun spyware yang dapat otomatis terinstall di Windows yang kta gunakan.
  9. Untuk browsing di internet kalau bisa menggunakan browser lain selain Internet Explorer (gunakan Opera maupun Firefox). Pengalaman saya kedua browser tersebut lebih aman.
  10. Jangan pernah menginstall software apapun yang tidak legal, terutama dari internet karena software tersebut bisa jadi ditumpangi oleh virus maupun spyware tadi.

Kesepuluh tips tersebut dapat anda lakukan sendiri karena tidak sulit untuk menerapkannya dan yang penting lagi adalah backup data anda baik secara offline maupun online.

Tips ini sudah saya terapkan di tempat perusahaan saya bekerja dulu dan hasilnya cukup bagus untuk mengurangi penyebaran virus, spyware maupun malware. Jika ada komentar, kritik maupun saran silahkan menghubungi saya. Sekali lagi tidak ada OS yang benar-benar aman tanpa pernah di-update. Jangan lupa gunakan selalu software yang asli atau gunakan alternatif nya.

Jika anda tidak mau repot dengan semua itu kenapa tidak segera beralih ke Linux….🙂

2 responses to “Tips Mengamankan OS Windows (For user)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s