Migrasi dari Outlook Express ke Windows Mail

oleh: Gombang Nan Cengka

Bila membeli komputer baru Anda mungkin perlu melakukan migrasi data dari komputer yang biasa digunakan sebelumnya. Dalam kesempatan ini kita akan membahas migrasi dari Microsoft Outlook Express 6 ke Windows Mail.

Data yang dipindahkan dari Outlook Express ke Windows Mail ada tiga jenis: setting e-mail, buku alamat dan yang mungkin paling penting adalah pesan-pesannya sendiri. Untuk memindahkannya kita pertama kali perlu mengekspornya terlebih dahulu. Data yang sudah diekspor ini kemudian dapat diimpor dari klien e-mail lain, seperti Windows Mail.

Langkah-langkah buat memindahkan data ini cukup mudah, namun bisa memakan waktu. Karena itu sebaiknya luangkan kesempatan khusus untuk melakukan migrasi ini.

Cara migrasi yang dijelaskan berikut ini juga dapat dilakukan bila Anda menginstal Windows Vista pada komputer yang menjalankan versi Windows sebelumnya, tapi dengan menghapus semua data yang ada di dalamnya (clean install).

Mengekspor dari Outlook Express

Siapkan tempat khusus untuk menyimpan data hasil ekspor Outlook Express, seperti flash disk atau hard disk portabel. Bila data e-mail Anda cukup banyak pastikan kapasitas flash disk yang tersisa memadai untuk menampung semuanya.

Buku Alamat

Buka Outlook Express. Pilih menu File->Export->Address Book. Outlook Express akan meluncurkan Address Book Export Tool. Pilih opsi Text File- Comma Separated Values, lalu klik Export.

Anda akan diminta untuk menentukan tempat hasil ekspor data akan disimpan. Klik Browse, lalu buka folder yang Anda inginkan, misalnya di dalam flash disk. Ketikkan nama berkas yang akan menampung data buku alamat tersebut, lalu klik Save.

Jendela CSV Export akan terbuka. Di sini Anda harus memilih rincian kontak yang ingin diekspor. Untuk amannya pilihlah semuanya, lalu klik Finish.

Akun E-mail

Menyetting ulang akun pada klien e-mail baru sebenarnya relatif mudah. Namun bila Anda punya banyak akun terpasang di Outlook Express mungkin lebih cepat bila kita mengekspornya saja.

Untuk melakukannya dari Outlook Express buka menu Tools->Accounts. Jendela yang menayangkan informasi semua akun e-mail Anda akan dibuka. Klik tab Mail, dan dari daftar yang ada pilih akun e-mail yang ingin diekspor pertama kali. Klik dan tekan Export. Seperti sebelumnya pilih lokasi dan nama berkas tempat menyimpan setting akun. Klik Save.

Lakukan hal yang sama untuk akun-akun lain, bila diperlukan.

Pesan-pesan

Buka menu Tools->Options. Buka tab Maintenance dan klik Store Folder. Anda akan melihat folder tempat Outlook Express menyimpan semua pesan-pesan Anda. Salin lokasi tersebut dan buka di Windows Explorer.

Pesan-pesan tersebut disimpan dalam berkas dengan ekstensi .dbx. Satu berkas DBX merupakan satu folder dalam Outlook Express 6. Salin semuanya ke dalam folder di dalam flash disk. Bila data-data Anda cukup banyak ini akan memakan waktu.

Pastikan semua data hasil ekspor ini tidak diproteksi (Read-Only). Bila tidak Anda akan menemui kesulitan saat melalui tahap impor data di Windows Mail.

Mengimpor data di Windows Mail

Bukalah komputer yang menjalankan Windows Vista, kemudian buka Windows Mail sebagai administrator. Tancapkan flash disk atau hard disk portabel tempat data migrasi disimpan.

Buku Alamat 

Buka File->Import->Windows Contacts. Dari jendela Import to Windows Contacts pilih opsi CSV (Comma Separated Values). Ingat, ini adalah format yang kita pilih saat mengekspor dari Outlook Express. Klik Import. Cari berkas CSV yang berisi buku alamat, lalu klik Open. Setelah selesai klik Next.
Berikutnya pilih kolom (field) yang ingin Anda impor. Untuk amannya pilih semua kolom, lalu klik Finish.

Setting E-mail
Buka Tools->Accounts. Di jendela Internet Accounts klik Import. Cari berkas tempat Anda menyimpan setelan akun e-mail Anda. Setelah selesai lakukan hal yang sama untuk akun lainnya.

Pesan-pesan
Buka menu File->Import->Messages. Dari opsi yang ditampilkan pilih Microsoft Outlook Express 6, lalu klik Next. Pilih Import mail from an OE6 store directory dan klik OK. Sekarang buka folder tempat berkas salinan dari Outlook Express disimpan. Pilih berkas DBX (yang merupakan folder pesan dalam Outlook Express) yang ingin Anda impor.
Bila tidak ada halangan semua pesan hasil impor akan dimasukkan dalam folder Imported Messages dalam Windows Mail.

 Sumber: http://www.vista4beginners.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s