Konvergensi Traffic Network

oleh: Dony Ramansyah

Saya disini ingin mengulas sedikit mengenai konvergensi dari traffic network yang ada di dalam jaringan internet maupun dalam LAN.

Dalam suatu jaringan komputer, baik itu dalam LAN maupun Internet sebenarnya didalam traffic network tersebut bisa terdiri dari voice, video, dan data. Cuma kita jarang memperhatikan lebih lanjut mengenai isi dari traffic yang ada. Jika kita melihat lebih dalam mengenai isi dari traffic network itu maka kita akan dapat menentukan prioritas dari packet yang lewat dalam jaringan tersebut, sehingga network akan lebih maksimal dalam lalu lintas traffic network.

Menurut Cisco, traffic network biasanya terdiri dari :

  • Traffic Voice dan Video, seperti IP telephony, video broadcast, dan conferencing
  • Traffic Voice Aplication, seperti yang ada di contact center (PABX)
  • Mission critical traffic, seperti aplikasi stock exchange
  • Traffic transaksi, seperti e-commerce
  • Routing update traffic, dihasilkan dari perangkat jaringan yang saling mengupdate informasi
    routing protocol
  • Network management traffic dan Monitoring traffic.

Itu semua merupakan sebagian dari isi traffic yang biasanya mendominasi dari isi traffic network yang ada, sebetulnya masih bisa di klasifikasikan lebih banyak lagi jika kita melihat dari service aplikasi yang ada saat ini. Bagi seorang network administrator perlu mengetahui klasifikasi seperti ini untuk menentukan prioritas dari traffic yang ada dan dapat memprediksi berapa bandwith yang dibutuhkan baik untuk internal maupun traffic international yang digunakan.

Klasifikasi traffic sangat diperlukan untuk meningkatkan performa dan security di dalam network yang ada. Misalnya seeprti traffic untuk voice dan video memerlukan bandwith yang tetap dan rendah delay dan jitter agar ahsilnya maksimal. Untuk itu diperlukan yang namanya QoS (Quality of Services) sebagai metode yang diganakan untuk klasifikasi dari traffic network. Contoh lain untuk meningkatkan security dengan melakukan klasifikasi traffic network terutama didalam jaringan berbasiskan Wireless yang sangat rentan akan masalah keamanan jaringan dibandingkan dengan jaringan berbasis cable.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s