Aman bermotor ria saat hujan

Sebagian orang mengatakan puncak musim hujan terjadi pada Tahun Baru Imlek. Setelah itu, curah hujan akan berkurang yang akhirnya berhenti sama sekali dan berganti dengan masuknya musim panas.

Meski demikian, tidak ada yang berani menjamin bahwa seusai Imlek, musim hujan juga akan berakhir. Itu artinya, potensi hujan lebat dan banjir masih tetap ada.

Bagi pengendara sepeda motor, hujan, apalagi dalam intensitas besar yang diikuti dengan genangan air di jalan bahkan sampai menimbulkan banjir, memang menjadi momok yang sangat menakutkan. Jarang sekali sepeda motor yang bisa lolos dari genangan air.

Oleh karena itu, pengendara sepeda motor diharapkan ekstra hati-hati jika berkendara saat hujan lebat. Berikut ini ada beberapa tip yang bisa dijadikan pedoman agar dapat berkendara dengan nyaman dan aman pada saat hujan.

Hidupkan lampu depan, meskipun hujan tidak terlalu lebat. Lampu ini tidak saja membantu kita melihat jalan, tetapi juga membantu pengemudi lain agar dapat melihat posisi kita di jalan.

  1. Gunakan jas hujan. Lebih baik menggunakan model baju dan celana. Hindari penggunaan jas hujan model ponco, karena sangat tidak aman digunakan saat mengendarai sepeda motor.
  2. Gunakan sepatu untuk melidungi kaki dari air hujan, lebih bagus yang antiair. Anda bisa juga mengggunakan sarung sepatu saat hujan yang banyak dijual di pasaran.
  3. Kendarai motor dengan kecepatan rendah untuk menghindari terjadinya gelombang air akibat belahan dari roda depan.
  4. Hindari mengendarai sepeda motor di samping mobil saat melewati genangan air. Sebab selain bisa terkena cipratan, juga kendali motor akan tidak stabil karena terkena hantaman gelombang air yang ditimbulkan oleh mobil.
  5. Kurangi kecepatan karena ada kemungkinan air dapat bercampur dengan oli di atas permukaan jalan dan tidak terlihat oleh Anda. Genangan oli mengakibatkan jalan menjadi lincin dan dapat membuat ban menjadi slip.
  6. Setelah melewati genangan air, jangan langsung tancap gas, sebab dikhawatirkan rem tidak pakem jika Anda harus rem mendadak. Kurang pakemnya rem disebabkan oleh kanvas rem basah oleh air sehingga daya cengkeramnya berkurang.

Untuk mengatasinya, coba tekan tuas rem depan dan belakang sedikit demi sedikit dengan berjalan pelan untuk mengeringkan kampas rem yang terkena air.

  1. Usahakan bersikap tenang ketika melewati jalan yang tergenang oleh air. Anda harus ekstra hati-hati, jangan sampai Anda melewati lubang.
  2. Jika hujan terlalu lebat, jangan paksakan berkendara. Sebaiknya Anda berhenti saja sambil menunggu hujan reda. (afriyanto@bisnis.co.id)

    Afriyanto

Sumber: Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s