Aktivitas Berpikir Mendorong Kegemukan

TEMPO Interaktif, New York: Manusia hidup dituntut untuk selalu berpikir. Tapi apa jadinya jika aktivitas purbakala itu justru akan membuat tubuh Anda gemuk.

Ya, survei yang diadakan Dr Angelo Trembley dkk ini merupakan risiko menjadi orang modern. Menurut hasil penelitian akibat tekanan pikiran sehari-hari, hal itu bisa mengakibatkan orang tersebut mengalami pola makan yang eksesif dimana pada akhirnya membuat badan menjadi gemuk.

Dalam surveinya Trembley mencobanya kepada 14 orang siswa. Masing-masing murid mendapat tiga tugas. Tugas pertama semua murid itu dibiarkan dalam posisi duduk.

Tugas kedua adalah aktivitas membaca dan merangkum teks. Terakhir semua siswa akan menjalani serangkaian tes yang berhubungan dengan memori, perhatian, dan kewaspadaan di depan layar komputer.  

Setelah 45 menit semua murid itu ‘dipaksa’ untuk memakan sebanyak mungkin. Tim survei sebelumnya telah mengalkulasi bahwa setiap sesi dari pekerjaan itu memerlukan tiga kalori.

Tapi meski energi yang dikeluarkan kecil, semua murid itu mampu mengkonsumsi 203 lebih kalori. Itu setelah mereka melakukan merangkum teks dan 253 kalori lagi setelah melakukan tes di depan layar komputer.

Sebelum diadakan tes tim survei mengambil darah masing-masing murid. Pada setiap sesi yang diadakan kerja pikiran ternyata lebih menghabiskan banyak glukosa dan hormon insulin dibandingkan ketika kita istirahat.

Telegraph | Bagus Wijanarko

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s