9 Tips Hemat Air

Era Baru News Dewasa ini di banyak belahan dunia diberitakan terjadi kekeringan, mengacu pada kesadaran pelestarian lingkungan hidup. Pernahkah Anda berpikir akan bertindak sedia payung sebelum hujan dengan cara melatih diri sendiri memiliki kebiasaan baik dalam menghemat air?

Ditambah lagi tarif air PDAM selalu naik. Berhematlah dimulai dari kehidupan sehari-hari, selain melakukan dengan baik pelestarian lingkungan, juga  dapat menghemat biaya air yang tidak sedikit bagi diri sendiri.

Agar Anda menjadi penghemat air nan canggih, silakan simak 9 tips di bawah ini:

1. Sewaktu Sikat Gigi Tutuplah Kran

Banyak orang beranggapan menyikat gigi adalah aktivitas yang bisa diselesaikan dengan cepat, maka itu selalu pada saat menyikat gigi kerap kali membiarkan kran dalam posisi terbuka. Ketika Anda belum menyadarinya, air sejumlah 4 galon (1 galon AS = 3,785 liter, sementara 1 gallon Inggris = 4,546 liter) terbuang begitu saja.

Efektifitas: di AS apabila setiap orang selalu menutup kran sewaktu gosok gigi, maka bisa menghemat 4 kali lipat debit air sungai Missisipi per tahunnya.

2. Selalu Bawalah Air Sendiri

Setiap hari membeli air kemasan barangkali bisa mengatasi rasa dahaga Anda, tetapi akan membuat bumi semakin mengering.

Setiap 7 liter air baru bisa menghasilkan 1 liter air kemasan, oleh karena itu bawalah sendiri air dalam botol yang dapat dipergunakan berulang kali, baru bisa membuat air dipergunakan pada tempatnya.

Efektifitas: Setiap tahun Anda bisa menghemat 577 galon air. Seluruh AS bisa menghemat air yang cukup untuk menenggelamkan wilayah Washington sedalam 1,6 meter.

3. Tambahkan Perangkat Pengatur Arus Kran

Kebutuhan air di dalam ruang, 15% diantaranya berasal dari air kran, tetapi kita sering membuka air dengan bukaan terlalu besar, tanpa dirasa telah memboroskan volume air sebanyak 2 kali lipat. Asalkan mau mengeluarkan US$ 1-2 (Rp 10.000 – 20.000), pasanglah pengatur arus kran pada setiap kran, maka dapat mengatasi hal ini dengan enteng.

Efektivitas: Anda setiap tahun bisa berhemat air sebanyak 1.000 galon; seluruh AS misalnya bisa menghemat kebutuhan air bagi kota New York selama 10 hari.

4. Pasang Shower Hemat Air

Shower hemat air bisa membantu Anda berhemat kebutuhan air sebanyak 2 kali lipat (dibandingkan dengan penggunaan bathtub). Jika Anda mandi menggunakan shower semacam ini selama 5 menit (dan tidak lebih), dalam setahun bisa menghemat air yang sanggup memenuhi kolam sedalam 4,5 meter, bersamaan itu Anda bisa menghemat energi pemanas air.

Efektifitas: Anda dapat menghemat air sebanyak 4.550 galon/tahun; air yang bisa dihemat di seluruh AS bisa mengisi penuh 2.100 stadion raksasa.

5. Siram Tanaman  pada Pagi atau Sore Hari

Menyiram tanaman pada tengah hari, mengakibatkan sebanyak 14% air tak sanggup diserap tanaman karena penguapan. Sedangkan apabila melakukannya pada pagi atau petang hari, dalam 1 minggu bisa berhemat 87 galon air.

Efektifitas: Anda setiap tahun bisa berhemat 4.524 galon air, air yang bisa dihemat oleh keluarga di seluruh AS setara dengan 4 kali lipat curah hujan Seattle.

6. Gunakan Selang Jangan Penyemprot Otomatis

Menurut estimasi, air yang dipakai untuk menyiram rerumputan rumah mencapai 25 ribu gallon, melebihi pemakaian kebutuhan air di dalam ruang sebanyak 2 kali lipat. Anda boleh memiliki pilihan yang lebih cerdas yakni menggunakan slang untuk menyiram rumput. Hal ini bisa membantu Anda berhemat air, minimal separuh.

Efektifitas: Anda setiap tahun bisa berhemat air sebanyak 12.500 galon; seluruh AS dalam satu tahun bisa berhemat setara dengan volume Danau Shasta di negara bagian Kalifornia utara.

7. Setiap Minggu Minimal Bervegetarian Satu Kali

Padi-padian yang dipergunakan untuk memelihara ternak membutuhkan sejumlah besar air untuk irigasi, barulah pada proses akhirnya menghasilkan hamburger.

Setiap minggu asalkan di dalam piring Anda dihapuskan daging sapi sebanyak 4 ons, digantikan dengan makanan vegetarian, maka bisa membantu bumi untuk berhemat air sebanyak 3.000 galon.

Efektifitas: Anda bisa berhemat dengan air setiap tahunnya sebesar 171.704; seluruh AS bisa berhemat nyaris 2 kali lipat teluk Chesapeake Bay.

8. Gunakan Produk Kertas Daur Ulang

Proses pembuatan produk kertas daur ulang murni menggunakan air lebih hemat dibanding proses pembuatan produk kertas biasa. Jikalau di rumah Anda pemakaian tisu rol setiap minggunya melebihi 4 rol, memilih produk kertas daur ulang bisa menghemat biaya sumber daya air cukup banyak.

Efektifitas: Anda setiap tahunnya bisa berhemat 637 galon air; setiap tahun di seluruh AS bisa berhemat satu hari debit air terjun Niagara.

9. Redisain Mesin Cuci Piring di Rumah

Di luar perkiraan umum, Anda tidak perlu mengatur mesin cuci piring hingga level standar, juga tidak perlu menyemprot piring sebelum dimasukkan mesin, mempergunakan setting yang lebih rendah satu tingkat bisa tetap mencuci piring dengan bersih, bersamaan itu bisa berhemat penggunaan air sebesar 55%.

Efektifitas: Dalam setahun Anda bisa berhemat 2.860 galon air; air yang bisa dihemat di seluruh AS bisa menutupi Rhode Island sedalam 30 cm. (Lin Aipei/Dajiyuan/whs)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s