10 Cara Jitu Menghemat Konsumsi Bahan Bakar

Penulis: Andrie Tjhia
Mungkin selama ini Anda bertanya-tanya “Bagaimana caranya mengefisiensikan pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM)?”. Sebenarnya ada beberapa cara untuk meminimalisir pemakaian BBM untuk kendaraan Anda, antara lain:

  1. Gunakan angka oktan yang seharusnya
    Lihatlah buku manual Anda untuk mengetahui tingkat oktan yang dibutuhkan oleh kendaraan. Sebenarnya, Oktan tidak ada kaitannya dengan performa BBM. Tetapi oktan merupakan faktor utama dalam sistem pembakaran kendaraan agar terjadi pembakaran yang sempurna.
  2. Gunakan tekanan angin ban yang seharusnya
    Kurangnya tekanan angin pada ban, akan membuat mesin lebih banyak membutuhkan BBM guna mempertahankan kecepatan. Sebagai gambaran, coba kurangi tekanan pada ban mobil Anda sebanyak 5 PSI, mungkin Anda akan merasa sulit untuk mendorongnya. Jika Anda kembalikan tekanan angin tersebut, maka Anda akan merasa lebih mudah untuk mendorongnya.
  3. Pelihara kendaraan secara berkala
    Pemeliharaan kendaraan secara berkala akan membuat mesin bekerja secara efisien serta menghasilkan konsumsi bahan bakar yang irit. Filter udara yang kotor, busi yang sudah lama, dan kurangnya oli pada mesin akan mempengaruhi performa mesin dan efisiensi bahan bakar.
  4. Kurangi kecepatan
    Sebuah mobil lebih menghabiskan bahan bakar, jika Anda melakukan akselerasi penuh. Jika mobil Anda memiliki system transmisi manual, usahakan perpindahan gigi sebelum torsi maksimal (lihat data spesifikasi kendaraan Anda).
  5. Usahakan kecepatan kendaraan konstan
    Usahakan agar kecepatan kendaraan tidak “naik-turun”. Secara teori, jika Anda melakukan pengereman diikuti dengan akselerasi secara terus menerus, maka sudah pasti mesin akan lebih banyak membutuhkan bahan bakar untuk menyuplai kinerja mesin.
  6. Mengemudi tanpa beban
    Kendaraan yang berat akan lebih banyak membutuhkan bahan bakar. Jadi, bersihkan bagasi dari barang-barang yang tidak dibutuhkan sebelum Anda menggunakan mobil.
  7. Penggunaan Air Conditioner (AC)
    Penggunaan AC memberikan beban lebih terhadap mesin. Rata-rata kendaraan yang memakai AC, membutuhkan lebih banyak bahan bakar hingga mencapai 20 persen. Jika mobil terlalu lama ditinggalkan di bawah teriknya matahari, jangan pernah langsung menyalakan AC. Pertama-tama buka jendela mobil, lalu nyalakan AC. Anda akan terkejut bahwa mobil Anda akan terasa dingin kembali.
  8. Menutup kaca jendela
    Dengan membuka kaca jendela lebar-lebar, khususnya di jalan tol, akan menghambat laju kendaraan Anda. Hasilnya, efisiensi bahan bakar berkurang sebanyak 10 persen.
  9. Perhatikan posisi buritan
    Believe it or not, merendahkan posisi buritan atau tailgate dapat menyebabkan turbulence, yang berdampak tertahannya angin pada bodi mobil. Hal ini dapat membuat efisiensi BBM sedikit terganggu terutama saat Anda berkendara di jalan bebas hambatan. Intinya lebih cepat angin keluar dari body mobil, akan semakin baik.
  10. hindari efek ‘idle’
    Di jaman modern ini, banyak mobil sudah memakai mesin fuel injection yang tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu. Kendaraan dengan mesin idle hanya akan membuang bahan bakar secara percuma. Jika Anda berminat untuk berhenti lebih dari satu menit, lebih baik matikan mesin mobil Anda. Jika Anda mengemudikan mesin hybrid, hal ini tidak akan menjadi masalah, karena mesin konvensional secara otomatis akan mati saat mobil dalam kondisi berhenti. Ini merupakan salah satu alasan mengapa mobil hybrid lebih hemat jika dikemudikan di dalam kota dibandingkan jalan tol.

    Kesimpulannya cukup sederhana. Anda harus mengetahui bagaimana karakter Anda berkendara, dan bagaimana cara memelihara kendaraan kita agar dapat mencapai performa mesin yang maksimal, namun dengan kebutuhan bahan bakar yang sedikit. Dengan mengikuti tips tersebut di atas, secara tidak langsung anda sudah belajar menabung sedikit demi sedikit. Selamat mencoba.[]

 

Sumber: Kendaraan.Info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s