Mengubah Penderitaan Menjadi Kedamaian

Oleh Eckhart Tolle

Bila tidak ada jalan keluar, akan selalu ada jalan tembus. Jadi jangan menolak kesedihan. Hadapi. Rasakan sepenuhnya. Rasakan saja—jangan memikirkannya! Bila perlu, ungkapkanlah, tetapi jangan menciptakan situasi dramatis mengenai hal itu di pikiran Anda. Curahkan semua perhatian Anda pada perasaan, bukan pada pribadi, kejadian, atau situasi yang tampaknya menjadi penyebab.

Jangan biarkan pikiran menggunakan kepedihan itu untuk menciptakan identitas korban bagi diri Anda sendiri dari kepedihan itu. Mengasihani diri sendiri dan menceritakan kisah Anda pada orang lain , akan membuat Anda tetap terjebak dalam penderitaan.

Karena tidak mungkin melarikan diri dari perasaan, satu-satunya kemungkinan perubahan adalah bergerak masuk ke dalamnya ; kalau tidak, takkan ada yang bergerak.

Jadi berikan perhatian Anda sepenuhnya pada apa yang Anda rasakan, dan berusahalah menahan diri untuk tidak memberikan label secara mental. Sementara Anda memasuki perasaan itu, waspadalah sepenuhnya.

Pertama-tama, tampaknya Anda seakan-akan sedang memasuki tempat yang gelap dan mengerikan, dan ketika datang dorongan untuk melarikan diri, amati hal itu, tetapi jangan bertindak sesuai dorongan itu. Tetapi curahkan perhatian Anda pada kepedihan, tetap rasakan kesedihannya, ketakutannya, kengeriannya, kesepiannya, apa pun itu.

Tetaplah waspada, tetaplah hadir—hadir dengan seluruh Keberadaan Anda, dengan setiap sel tubuh Anda. INILAH NYALA API KESADARAN ANDA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s