7 Variasi Olah Tubuh dari Manca Negara

JENUH dengan senam aerobik? Jangan ragu mencoba latihan cara lain. Efek dan manfaatnya sebanding dalam membuat Anda bugar, segar, dan anti-bosan.

Capoeira – Brazil
Tak perlu meragukan manfaat senam aerobik dalam meningkatkan kebugaran dan ketahanan tubuh kita. Mungkin Anda termasuk yang fanatik pada latihan yang satu ini. Tetapi, Anda tentu juga tahu bahwa senam aerobik bukan satu-satunya jenis latihan andalan. Masih banyak gaya berlatih lain yang komplet manfaatnya, fun, dan tak kalah menarik. Simak beberapa di antaranya yang patut Anda coba.

Seni bela diri tradisional ini awalnya didasari sebuah permainan yang disebut Jogo de Capoeira. Di Brazil, latihan ini merupakan olahraga nomor dua terpopuler setelah sepak bola. Latihannya melibatkan gerakan menari sekaligus seni adu tanding yang indah. Jadi, seperti olahraga bela diri lain, Anda akan mendapati gerakan menendang, melompat, atau meninju. Tetapi Anda tak perlu melakukan kontak ‘kekerasan’ dengan kawan latih tanding.

Capoeira diyakini berasal dari budaya orang-orang Afrika, yang diangkut oleh bangsa Portugis berabad lampau ke Bahia de Salvador (arah Timur Laut Rio de Janaeiro). Capoeira biasanya diiringi musik tradisional, termasuk nyanyian, tepuk tangan, alat musik pandeiros (semacam tamborin),

dan atabaque (sejenis drum besar). Alunan musik ini dimainkan oleh sekelompok orang yang melingkari dua orang yang bercapoeira.

Manfaat:
Latihan ini sangat membakar kalori. Bayangkan saja sekejap Anda harus berdiri tegap dan kuat, lalu sekejap kemudian Anda harus melompat, menanj menendang, melakukan putaran, atau bahkan berjungkir-balik. Dengan demikian keseimbangan tubuh) dan kekuatan perut, paha, kaki Anda pun ikut terlatih dengan sangat baik.

Wushu-Cina
Ditlik dari asal katanya, wu berarti militer, shu berarti seni, wushu dimaknai sebagai seni perang, mirp dengan seni bela diri lain dari Asia Timur, dulinya wushu dipelajari sebagai cara untuk mempertahankan diri. Kini wushu sudah sedemikian terorganisasi dan sistimatis sebagai satu cabang ilmu seni pertunjukkan bela diri di Cina. Wushu pun sudah menjadi cabang olahraga yang resmi dipertandingkan di Asian Games dan eksebisi di Olimpiade. Selain indah dan menarik ditonton, seni bela diri juga bisa dipelajari sebagai latihan untuk meningkatkan kondisi kebugaran secara keseluruhan. Berbeda dengan Tai Chi yang lembut, wushu satu pola dengan kungfu. Melatih tubuh dan mental dengan gerakan yang dinamis tapi juga filosofis.

Manfaat :
Karena gerakannya dinamis melibatkan seluruh bagian tubuh maka wushu efektif memperbaiki kebugaran, kekencangan, keseimbang dan kelenturan, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Paduan konsentrasi, disiplin mental dan upaya serius saat berlatih akan memberi efek positif pula bagi mental Anda, Begitu anda bisa menikmati latihan wushu, maka anda juga akan mendapatkan efek relaksasi, rekreasi, sekaligus ketrampilan mempertahakan diri.

Tai Chi – China
Tai Chi merupakan ilmu bela diri kuno Cina yang sudah bertahan ribuan tahun. Dasarnya adalah rangkaian gerakan yang sangat perlahan, anggun, dan mengalir halus. Tujuan utama latihan ini untuk melancarkan aliran chi (enerji kehidupan manusia menurut ilmu bangsa Cina) dalam tubuh. Juga menyeimbangkan enerji yin-yang, yang menggambarkan unsur lembab, dingin, gelap, panas, dan cahaya pada manusia. Masyarakat Cina percaya ketidakseimbangan unsur-unsur terse-but bisa menyebabkan ketidak-beresan kondisi fisik, mental, emosional, dan spiritual.

Manfaat:
TaTuiraigoTongkan sebagai tipe latihan yang lembut, relatif berintensitas ren-dah diban-dingkan jenis seni bela diri lainnya. Meski lembut, Tai Chi tak kurang efeknya meningkatkan kelenturan, kemampuan gerak sendi, daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, meredakan gejala arthritis dan gangguan sendi. Tai Chi juga bermanfaat meningkatkan enerji dan kemampuan relaksasi tubuh. Latihan ini terbukti efektif bagi mereka yang menderita chronic fatigue (sindrom kelelahan kronis). Secara tidak langsung Tai Chi juga membantu seseorang mempertahankan bobot ideal. Bukan karena gerakannya (yang pelan dan pasif), tapi karena dengan Tai Chi Anda akan lebih baik memahami diri dan emosi-emosi yang berkaitan dengan ketidak-bugaran dan penambahan berat badan.

Taekwondo & Hapkido Korea
Kedua bentuk seni bela diri Korea ini gerakannya sangat aktif dan berintensitas tinggi dengan gerakan menendang dan meninju yang dinamis. Banyak gerakan pada film-film beraksi laga macam Kill Bill atau Crouching Tiger Hidden Dragon yang tekniknya diambil dari taekwondo dan hapkido. Setiap orang bisa melakukan latihan ini karena Anda bisa memilih jenis yang non-kontak, dengan kata lain tidak perlu melakukan latihan tempur.

Manfaat:
Karena kapasitas aerobiknya cukup besar, latihan ini efektif bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mengencangkan dan melenturkan tubuh, serta meningkatkan stamina.

Belly Dancing Timur Tengah
Tarian bergaya sensual ini asalnya merupakan ritual untuk kesuburan wanita Tarian ini membuat Anda menggoyangkan perut, tubuh bagian bawah lengan, dan kaki dengan gaya yang sedikit menggoda.

Manfaat:
Gerakan belly dancing akan memberi efek pada otot-otot perut, pinggul, dan dada Sehingga bagian tubuh tersebut akan tar latih dengan baik. Menurut Michael Valenzuela dalam dancenetwork.com.au, salah satu keuntungan terbesar dari belly dancing adalah meningkatkan body awareness seseorang. Latihan ini mengajari Anda mengenal tubuh sendiri, bagaimana bergerak, dan menari dengan lebih baik dan anggun Latihan ini juga bermanfaat bagi wanita yang mengandung ataupun setelal melahirkan. Karena sifatnya sangat ‘perempuan’, belly dancing umumnya melatih wanita untuk lebih peka dengan sisi femininnya. Dengan latihan ini Anda juga akan mendapatkan cara baru bersenang-senang, karena saat menari Anda akan cenderung bebas tertawa-tawa dan bergoyang bersama kelompok Anda.

Japanese Yoga Jepang
japanese Yoga, dikenal pula dengan Okido atau Ryoho Yoga, merupakan salah satu gaya latihan yoga yang dinamis. la menggabungkan Hatha Yoga dan seni pengobatan meridian Jepang dan Cina. Latihan ini berbeda dengan yoga gaya India, yaitu dalam hal menyelaraskan latihan. Okido berpedoman pada teori Cina tentang lima elemen pada tubuh manusia, yang harus disesuaikan dengan perubahan musim dan kondisi yang dirasakan seseorang saat perubahan tersebut berlangsung.

Karena itulah yoga Jepang biasanya mengadakan kelas yang berbeda untuk saat pagi, siang, atau malam. Kelas pagi bertujuan mempercepat kesiapan tubuh menghadapi kesibukan hari itu sebelum Anda dipenuhi pikiran-pikiran negatif. Kelas siang dilakukan untuk meningkatkan gairah dan kekuatan sekaligus fleksibilitas tubuh. Kelas malam bermaksud menenangkan pikiran dan membuat tubuh relaks.

Manfaat :
Saat melakukan latihan ini tubuh akan bergerak secara konstan. Sehingga latihan ini cocok untuk mereka yang ingin mem-bakar lemak. Manfaat lain Yoga Jepang adalah memperbaiki kekuatan, kekencangan, dan kelenturan tubuh. Juga meningkatkan enerji dan kemampuan Anda berkonsentrasi, meredakan stres, serta memperbaiki kondisi tubuh secara keseluruhan.

Yogalates Paduan Timur-Barat
Yogalates merupakan latihan yang gerakannya memadukan pose-pose yoga pilates sehingga menghasilkan bentuk latihan yang unik. Latihan ini diperkenalkan oleh Louise Solomon. Pengalamannya mendapat cedera di kelas yoga membuatnya belajar, berlatih, dan mengajar pilates. Meski demikian, ia masih merindukan manfaat spiritual yang didapatnya dari beryoga. Karena itulah ia mengabungkan kedua latihan ini untuk mendapatkan manfaat yoga dan pilates sekalogus.

Manfaat :
Gabungan latihan pilates dan yoga ini akan memperkuat postur dan batang tubuh anda secara keseluruhan. Meningkatkan kekuatan, kestabilan, sekaligus kekencangan tubuh. Otot-otot tubuh bagian lentur (termasuk perut dan punggung) akan lentur. Otot akan lebih panjang, meramping dan kencang. Umumnya latihan ini juga akan memberi manfaat relaksasi bagi tubuh dan pikiran

Sumber: jadilangsing.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s