5 Cara Asyik untuk Langsing

Mungkin Anda termasuk orang yang getol berolahraga. Dalam seminggu tiga sampai empat kali Anda berlatih di gym. Selain menjaga kesehatan, Anda melakukannya untuk menurunkan berat badan. Tidak salah memang.

Namun, tahukah Anda bahwa menghilangkan beberapa kilogram lemak dari tubuh tidak perlu dilakukan dengan berolahraga mati-matian? Sekedar membersihkan rumah, bermain-main bersama anak-anak atau berjalan-jalan di pantai ternyata juga dapat membakar kalori. Sebetulnya ada lima cara yang dapat membantu Anda membakar sampai 1000 lebih kalori. Dan tanpa Anda sadari, jarum pada timbangan Anda telah bergeser ke kiri.

1. Melakukan pekerjaan rumah tangga :

  • Membersihkan rumah (2,5 jam): 600 kalori
  • Belanja di pasar tradisional (45 menit): 113 kalori
  • Memindahkan kursi dan meja (15 menit): 60 kalori
  • Memasak (3 jam): 450 kalori

Total: 1223 kalori

2. Berkebun :

  • Berbelanja tanaman dan bunga di kios tanaman (1 jam): 150 kalori
  • Mengangkut pupuk dengan gerobak (45 menit): 360 kalori
  • Menggali tanah dan memasukkan pupuk ke daiamnya (45 menit): 270 kalori)
  • Menanam sayur-sayuran (2 jam): 480 kalori
  • Memotong rumput dengan alat pemotong rumput (30 menit): 135 kalori
    (bila memakai alat yang didorong: 45 kalori)
  • Menggunting bunga yang tumbuh tidak teratur (30 menit): 60 kalori
  • Memotong dan mengatur bunga (20 menit): 50 kalori

Total: 1550 kalori

3. Bermain air :

  • Menciprat-cipratkan air dikolam renang(10 menit): 30 kalori
  • Berlari menghindarkan semburan air dari selang (20 menit, sambil berteriak-teriak) : 50 kalori
  • Saling menyemprotkan air dari selang dengan anak anda (20 menit) : 60 kalori
  • Berenang santai (10 menit) : 60 kalori
  • Saling melemparkan 20 balon berisi air dengan teman anda : 90 kalori
  • Menaiki perosotan di kolam renag sebanyak lima kali (cobalah mendaki sampai keatas) : 150 kalori
  • Berenag mengitari kolam renag (30 menit) : 240 kalori (bila memakai kaki katak : 300 kalori)

Total : 680 kalori

4. Bersenang-senang di luar rumah

Pilihlah salah satu atau beberapa dari aktivitas-aktivitas di bawah ini untuk acara akhir pekan Anda. Dijamin Anda akan menjadi langsing tanpa harus berkeringat di gym.

  • Bermain ski air (60 menit): 360 kalori
  • Berkuda (60 menit): 244 kalori
  • Memanjat tebing (45 menit): 503 kalori
  • Mendayung perahu (45 menit): 320 kalori
  • Mengendarai jet ski (30 menit): 213 kalori
  • Berenang di danau atau laut; angin dan gelombang di air terbuka memberikan tantangan yang lebih daripada di kolam renang (30 menit) : 300 kalori
  • Snorkeling (60 menit): 305 kalori
  • Bermain tenis dalam 2 set (90 menit) : 630 kalori.
  • Bermain golf dalam 1 putaran (dengan mengendarai cart ;4 jam): 720 kalori (bila sambil memanggul perlengkapannya 480 kalori)
  • Bersepeda santai (60 menit): 240 kalori (bila dengan kayuhan cepat atau mendaki bukit 360 kalori)
  • Bermain volley pantai (40 menit): 240 kalori

Ingin membakar kalori lebih banyak lagi (secara alami)?
Tambahkan air Tigapuluh menit berjalan kaki di dataran kering (seperti tanah, rumput, aspal) dengan kecepatan 3,5 km per jam akan membakar kira-kira 122 kalori. Tetapi, bila Anda berjalan dengan langkah yang sama di dalam air setinggi pinggang, kalori yang terbakar akan bertambah kira-kira dua kalinya.

Berjalan di atas pasir Berjalan jalan di atas pasir dengan memakai sepatu olahraga akan membakar kalori dua kali lebih banyak dahpada berjalan di atas aspal. Permukaan seperti aspal dan tanah yang ‘membaf akan ‘mengembalikan’ enerji yang Anda keluarkan ke kaki Anda. Berbeda dari pasir yang mampu ‘menyebarkan’ enerji dari langkah-langkah kaki Anda keluar. Menyongsong matahari Berada di bawah sinar matahari ternyata dapat menurunkan berat badan, karena Anda menjadi tidak cepat lapar dan hanya mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedikit.

5. Bermain di pantai

  • Menyiapkan piknik (45 menit) : 45 kalori).
  • Memasukan barang ke dalam mobil (15 menit) : 23 kalori
  • Memakai tabir surya (empat kali sepanjang hari) ; 20 kalori
  • Mengangkut barang dari tempat parker ke pantai (5 menit) ; 25 kalori
  • Membangun istana pasir (45 menit) ; 113 kalori
  • Bermain Frisbee (30 menit) : 90 kalori
  • Bermain bola lempar dengan teman (20 menit) ; 50 kalori
  • Jogging di atas pasir (30 menit) ; 240 kalori
  • Berlari mendaki dan berjalan menuruni bukit pasir lima kali (masing-masing lima menit) : 225 kalori
  • Membuat api unggun (20 menit) : 60 kalori
  • Berselancar (30 menit) ; 180 kalori
  • Saling menyemprotkan air dengan teman (20 menit) : 60 kalori
    TotaI: 1131 kalori

 

Sumber: jadilangsing.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s