Atasi Stres dengan Totok Wajah

Palmerah, Warta Kota SIKAP selalu bersyukur dan ikhlas adalah kunci hidup gembira tanpa beban stres dan depresi.

Metode pengendalian emosi bernama Emotional Freedom Techniques (EFT) yang mulai populer di Jakarta mengajarkan orang mengatasi gangguan jiwanya dengan cara sederhana. Cukup dengan mengikuti delapan langkah mengatasi stres atau masalah emosi lainnya.

Dewi, bukan nama sebenarnya, bingung, bahkan sudah mengarah kepada frustrasi. Bila sedang berada di depan kaca, dia sering merasa kesal kenapa badannya tidak bisa langsing.

Perlahan tapi pasti, emosinya itu juga membuat Dewi menjadi kurang pede. Tidak aneh, dia mencoba melakukan segala hal untuk bisa tampil oke, termasuk olahraga dan melakukan diet. Namun, kenapa dia masih tetap gemuk?

Gangguan jiwa yang dialami Dewi itu hanya salah satu dari sekian banyak masalah emosi yang kerap dialami orang. Paling tidak, masalah itu mencuat ketika praktisi EFT Irianti Erningpraja membuka kelas EFT di Jakarta, belum lama ini.

Dalam pelatihan itu, sejumlah peserta sempat curhat. Ada seorang ibu yang mengaku mengalami depresi karena rasa bersalah berkepanjangan. Ada pula seorang bapak yang selalu merasa cemas. Peserta lain mengaku stres karena adiknya sangat tertutup padahal dia sudah bersusah payah membantu adiknya yang tengah sakit.

Identifikasi masalah

Sebelum melakukan terapi EFT, seorang penderita harus melakukan identifikasi masalah. Dia perlu secara spesifik tahu apa yang mengganggu jiwanya. Langkah awal ini penting sebelum dia melakukan terapi totok wajah pada delapan pusat syaraf manusia.

“Idenfikasi masalah itu kuncinya. Seringkali orang terapi EFT nggak sembuh karena dia tidak bisa mengecilkan permasalahannya satu per satu, ” ujar Irianti.

Contoh: ‘Aku takut kecoa’. Dalam terapi EFT, masalah itu harus digali lagi menjadi lebih spesifik. Misalnya menjadi: ‘Aku paling takut melihat kecoa jalan karena takut dipipisin’. Atau contoh lain: ‘Aku takut makan ikan bandeng karena takut ketusuk duri’. Masalah itu perlu diperkecil lagi: ‘Apakah betul yang bersangkutan pernah ketusuk duri ? Kapan? Di mana? Waktu makan dengan siapa?’

Kalau sudah menemukan isu spesifiknya, siapkan pernyataannya. Sangat dianjurkan semua masalah yang dihadapi dapat dinyatakan dengan suara yang lantang dan penuh perasaan. Langkah afirmasi itu dilakukan sambil memukul-mukul bagian samping tangan Anda.

Ulangi sampai tiga kali (lihat Gambar 1). Contoh pernyataan: ‘Meskipun saya …. (isi dengan masalah Anda), saya tetap menyayangi dan menerima diri saya apa adanya dengan ikhlas’.

Menurut Irianti, sikap ikhlas merupakan kunci untuk mengatasi semua masalah yang menimpa diri manusia. “Kalau kita ikhlas, semua masalah yang kayaknya susah menjadi tidak susah. Coba perhatikan alam sekitar kita.

Pohon keras dihantam badai bisa tumbang, sementara ilalang yang kecil dan lemah, tidak tumbang diterpa badai kayak apapun. Maka manusia saat kena badai kehidupan, harus ikhlas. Sebab, semakin kita mengeraskan diri, kita akan semakin lelah menghadapi ujian hidup ini,” kata penyanyi yang ngetop di era 1990-an itu. Selamat mencoba. (hes)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s