Air Es Bikin Gemuk? Itu Mitos!

Palmerah, Warta Kota Banyak hal seputar pola makan yang ternyata gosip belaka. Bahwa minum air es bisa bikin gemuk, misalnya. Ternyata ini hanya mitos.

Mengonsumsi makanan dan minuman dingin ternyata malah bisa membuat tubuh membakar kalori lebih banyak. Hanya saja, selisihnya tak banyak dibandingkan bila kita mengonsumsi air yang bersuhu ruangan. Demikian menurut Madelyn Fernstrom, PhD, CNS, direktur dan pendiri UPMC Weight Management Center, Pittsburgh.

Hal ini juga ditegaskan oleh dr Johanes C. Chandrawinata, MND, SpGK. Ia menjelaskan, tubuh kita menganut sebuah hukum yang dinamakan hukum thermodinamika. Artinya, untuk menaikkan suhu 1 gram air menjadi 1 derajat Celcius, diperlukan 1 kalori.

Hukum ini sejalan dengan penelitian yang mengatakan, bila kita minum 6 gelas air es setiap hari, maka metabolisme akan meningkat. Jumlah kalori yang terbakar bertambah 10, sehingga berat badan yang dapat kita hilangkan sekitar 0,5 kg dalam 1 tahun.

Peningkatan metabolisme yang dihasilkan memang tidak begitu signifikan. Namun, tak ada salahnya bila kita minum air es, sejauh tidak mengandung kalori tambahan, misalnya dari gula. Ini akan mengoptimalkan proses pembakaran kalori dalam tubuh. (Prevention Indonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s