Inilah 5 Alasan Mengapa Anda Tidak Pernah Naik Jabatan

by CHIP Team

Mungkin saat ini Anda sudah bekerja cukup lama di suatu perusahaan. Mari kita sebut saja periode waktu kerja Anda sekitar 5 sampai 10 tahun. Dalam kurun waktu selama itu, terdapat kemungkinan yang cukup besar kalau Anda telah mendapatkan promosi. Namun, apabila Anda belum juga mendapatkan promosi, tentu ada beberapa faktor yang salah. Tunggu dulu, jangan langsung menyalahkan diri Anda sendiri. Ada beberapa perusahaan di dunia ini yang memiliki jenjang karir yang pendek sehingga Anda sulit naik ke posisi atas.

Kalau Anda merasa hal tersebut bukan alasan mengapa Anda tetap belum dipromosikan, berarti ada yang salah dalam diri Anda. Kalau Anda mulai merasa ada tekanan dari atasan sehingga membuat Anda begitu frustrasi, berarti Anda harus mulai berpikir kalau ada yang salah dalam diri Anda.

Kali ini CHIP akan memberikan 5 alasan mengapa seseorang sangat sulit mendapatkan promosi. Selamat menyimak!

1. Kegagalan komunikasi. Masalah dalam komunikasi terbagi dalam dua kategori. Kategori pertama adalah kurangnya komunikasi. Usahakan selalu beritahukan apa yang Anda kerjakan dan tentu informasikan juga hasilnya pada atasan Anda. Usahakan untuk mendekatkan diri dengan atasan Anda.

Jika Anda tidak melakukan komunikasi secara rutin dengan orang dalam tim Anda, segera lihat kembali proses  komunikasinya. Buatlah proses komunikasi tersebut semudah mungkin. Kategori kedua adalah adanya ketidakcocokan gaya komunikasi.

Misalnya, ada atasan yang lebih memilih berkomunikasi lewat email yang menggunakan bullet point, sedangkan ada juga atasan yang lebih senang menerima email tanpa ada desain tertentu. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya Anda menanyakan langsung cara komunikasi apa yang ia senangi.

2. Saya tidak sedang main-main, serius! Pada suatu hari, Anda telah menganalisis sebuah laporan selama hampir 3 jam. Kemudian Anda memutuskan untuk mengistirahatkan otak Anda selama 5 menit. Anda membuka YouTube untuk melihat video clip artis yang disenangi.

Kemudian, atasan Anda lewat dan melihat apa yang sedang Anda kerjakan. Tentu hal tersebut dapat membuat sebuah persepsi yang buruk bagi Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu pergi sejenak dari komputer Anda. Berdiskusilah dengan teman kantor Anda atau atasan Anda. Bertukar pikiranlah dengan dia sehingga Anda semakin diingat dan dikenal oleh atasan Anda.

3. Terus menerus membuat kesalahan yang sama. Kita semua pasti pernah membuat kesalahan. Cara terbaik menyikapi kesalahan tersebut adalah dengan mempelajarinya dan berusaha untuk tidak akan pernah mengulanginya lagi. Namun, bagaimana apabila kesalahan itu terus terulang?

Ternyata atasan sangat tidak menyukai apabila suatu kesalahan dilakukan terus menerus. Sebenarnya sebuah kesalahan sangat penting asalkan Anda yakin untuk mempelajari sesuatu dari kesalahan tersebut dan berjanjilah untuk tidak mengulanginya.

4. Apa yang telah Anda pikirkan? Untuk mengambil sebuah keputusan bisnis diperlukan logika, pengalaman, dan juga proses. Saat Anda membuang semua kriteria tersebut, bersiaplah untuk dijauhi atasan Anda. Jadi, selalu ingat ketiga kriteria tersebut.

5. OPM — other people’s money. Di saat Anda harus mengerjakan bisnis dengan vendor, menghibur klien, atau membuat suatu keputusan pembelian, apakah Anda menganggap uang yang Anda gunakan tersebut sebagai uang Anda?

Ada baiknya Anda mengerti posisi Anda saat itu dan peraturannyat. Dan yang lebih penting lagi, anggaplah uang yang Anda gunakan tersebut sebagai uang orang lain agar Anda tidak semena-mena menggunakan uang tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s