Mengatasi Masalah Bibir Kering dan Pecah

Sebagian besar orang boleh jadi akan melihat bahwa bibir pecah dan kering menjadi gangguan tubuh yang merisaukan. Bukan hanya karena perasaan yang tidak nyaman tapi juga dapat menganggu penampilan.

Gangguan tersebut dapat terjadi antara lain akibat bibir sering terkena debu dan polusi udara, mengonsumsi makanan yang terlampau asam, hingga perubahan suhu yang menyebabkan bibir tidak dapat beradaptasi. Untuk mengatasi hal tersebut,berikut adalah beberapa kiat yang dapat dicoba.

Minumlah air putih delapan gelas per hari. Hal ini merupakan cara yang mudah untuk dilakukan, namun sering dilupakan oleh orang yang sedang sibuk bekerja. Padahal,meminum air putih sebanyak delapan gelas perhari dapat mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat membuat bibir menjadi kering.Basahi bibir dengan air putih saat merasa bibir kering.

Kebanyakan orang melembabkan bibir dengan menggunakan air liur yang justru mengandung enzim yang dapat membuat bibir semakin kering.Mengonsumsi buah dan sayur menjadi hal lain yang dapat dilakukan karena buah dan sayur mengandung banyak air yang dapat membantu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh.

Hindarilah rokok dan minuman beralkohol. Rokok dapat membuat bibir Anda menjadi berwarna kehitaman, tidak cerah. Sementara minuman beralkohol dapat memicu dehidrasi dan menyebabkan bibir menjadi kering.Oleskanlah pelembab pada bibir. Untuk sumber yang alami, dapat menggunakan madu.

Lakukanlah,khususnya pada malam hari sebelum tidur.Untuk para wanita, sebaiknya memilih lipstick yang mengandung pelembab sekaligus pelindung matahari. Jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa lipstick yang melekat pada bibir sebelum tidur. Gantilah lipstick atau lipbalm jika sudah melewati masa kadaluwarsanya.

Jika bibir segar, maka secara keseluruhan wajah pun akan terlihat lebih segar bukan?

[MG2]

 

 

Sumber : kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s