Menghargai,Syarat Penting bagi Karier

Tahukah Anda bahwa menghargai orang lain adalah bagian penting bagi peningkatan karier? Karena dengan menghargai orang lain,maka orang lain pun akan menaruh hormat dengan apa yang Anda katakan.

Coba Anda ingat-ingat lagi.Tentu Anda akan lebih senang dan menaruh hormat kepada rekan kerja atau atasan yang juga peduli dan menghargai hasil kerja dan pendapat Anda. Ini adalah hal yang lumrah karena dihargai oleh orang lain adalah keinginan semua orang.

Dihargai atau mendapatkan penghargaan dari orang lain memang menjadi kebutuhan dasar manusia. Karena itulah, setiap orang akan sadar penuh jika dia dihargai oleh orang lain, begitu pula sebaliknya. Tapi apakah sebenarnya “dihargai” itu? Bagaimana pula kita bisa mempraktikkannya di tempat kerja?

Tentu, cara menghargai orang lain bisa dilakukan dengan sederhana. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkannya kepada orang lain, seperti dikutip dari about.com.

  • Perlakukan setiap orang dengan kesopanan, keramahan, dan kebaikan.
  • Dorong rekan kerja untuk mau mengemukakan pendapat dan ide-idenya.
  • Dengarkan apa yang diucapkan orang lain sebelum Anda mengemukakan pendapat.Jangan pernah memotong perkataan orang dan jangan pernah mendominasi pembicaraan.
  • Gunakan ide orang lain untuk meningkatkan pekerjaan Anda. Tentu saja, biarkan dia mengetahui bahwa hal tersebut terjadi karena ide Anda.Selain itu,dorong dia untuk mewujudkan ide-idenya.
  • Jangan pernah meremehkan atau melecehkan orang lain dan ide-ide yang diungkapkannya.
  • Jangan bersikap sinis dan mengkritisi hal-hal kecil. Jangan pula senang menghakimi dan melakukan bullying, baik secara verbal maupun nonverbal.
  • Perlakukan setiap orang dengan cara yang sama tanpa memandang suku, agama, golongan, jenis kelamin,usia,ukuran,dan asal negara. Praktikkan aturan ini secara konsisten. Memperlakukan orang dengan cara yang berbedabeda bisa memicu pelecehan atau ketidaknyamanan dalam lingkungan pergaulan.

Ajak seluruh rekan kerja dalam setiap rapat, diskusi, training, dan acara-acara yang dilakukan oleh rekan-rekan kantor. Jika tak semua orang bisa mengikutinya, jangan pilih kasih atau melakukan marginalisasi. Berikan kesempatan yang sama pada setiap orang untuk berpartisipasi dalam sebuah proyek atau kegiatan.

Memujilah lebih banyak dibanding Anda mengkritik. Biasakan saling memuji antarrekan kerja seperti layaknya supervisor memuji bawahannya. Perlakukan setiap orang seperti mereka ingin diperlakukan. BANYAK cara lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan penghargaan pada orang lain.

Cara berikut, jika dilakukan secara konsisten akan menciptakan lingkungan kerja yang profesional.

  • Pujilahhasil kerja yang baik dari rekan kerja. Cobalah untuk spesifik memuji bagian mana yang paling Anda kagumi dari hasil kerjanya.
  • Ucapkan terima kasih sebagai tanda bahwa Anda menghargai kerja keras dan kontribusi mereka dalam membantu Anda. Bersikap manis dan sopan sangat dibutuhkan dalam lingkungan kerja.Itu artinya, orang yang memiliki perilaku yang baik akan mendapat pujian dari rekan kerja.
  • Bertanyalah tentang keluarga, hobi, atau kegiatan akhir pekan mereka.Perhatian Anda terhadap seseorang akan membuatnya merasa berharga dan dipedulikan. Tentu saja,pertanyaan Anda harus dalam batas-batas tertentu agar tidak dianggap ingin tahu atau mencampuri urusan orang lain.
  • Jika memungkinkan, tawarkan hari libur yang fleksibel.Anda bisa mencocokkan hari kerja Anda dan rekan lainnya agar bisa mengatur hari libur masing-masing.
  • Caritahu apa kesenangan rekan kerja Anda. Setelah itu, beri dia kejutan dengan memberinya hadiah. Pasti,kejutan dari Anda akan menceriakan harinya.
  • Jika Anda tergolong pimpinan perusahaan, berikan bonus akhir tahun atau bonus-bonus lainnya sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras karyawan. Bahkan sebuah kartu ucapan terima kasih juga tetap akan berkesan manis bagi karyawan.
  • Setiap orang pasti senang makan. Karena itu,ajaklah rekan kerja atau bawahan Anda untuk makan- makan saat ada acara khusus seperti ulang tahun, atau bahkan tanpa alasan apapun. Biarkan mereka yang memilih teman makannya.
  • Ciptakanpermainan atau tradisi yang menarik. Misalnya acara tukar kado saat akhir tahun atau saling bertukar makanan tiap satu minggu sekali.
  • Bawamakanan ke tempat kerja dan tawarkan pada rekan kerja.Lebih baik lagi jika Anda membuatnya sendiri. Atau Anda bisa membawa cokelat karena cokelat selalu bisa mendatangkan suasana yang menyenangkan.
  • Bagi pemilik perusahaan,ciptakan kesempatan kepada karyawannya untuk mengembangkan diri. Misalnya dengan menyertakannya ke acara seminar atau kegiatan yang bisa menambah wawasan dan keterampilannya. (herita endriana) Seputar-indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s