3 Cara mudah merawat kuku.

Apakah kuku Anda mudah patah atau rapuh? Jika iya, kali ini Prevention akan membagikan beberapa panduan singkat untuk membuat kuku kita lebih sehat dan kuat.

Memiliki kuku yang mudah rapuh memang menjengkelkan.  Selain kehilang kelenturan dan kekuatan dari kuku itu sendiri, tidak jarang menyebabkan rasa sakit. Ternyata, dengan perubahan kecil gaya hidup kita bisa mengembalikan kuku kita ke kondisi prima. Cobalah teknik mudah berikut ini untuk mendapatkan kuku yang sehat.

  1. Tetap terhidrasi dengan baik.
    Dehidrasi merupakan faktor utama pemicu kuku menjadi mudah rapuh. Ketika tubuh kita tidak memiliki asupan air yang cukup, kuku juga tidak akan mendapatkan kelembaban yang dibutuhkan yang membuatnya tetap kuat. Untuk memastikan kuku kita terhidarsi dengan baik, kita perlu mengatasi  masalah kelembaban baik di dalam dan di luar tubuh terlebih dahulu. Dari dalam, mulailah dengan memenuhi kebutuhan air yang memadai bagi tubuh dengan meminum 8 gelas air putih per hari dan mengkonsumsi buah dan sayuran segar yang mengandung banyak air. Sedangkan, pencegahan dari luar, bisa kita lakukan dengan mengaplikasikan moisturizer pada kuku dan kutikula. Cara ini sangat ampuh untuk melindungi permukaan kuku, mencegah penguapan dan memastikan air tetap tersimpan dalam kuku kita. Cobalah pelembab tangan yang bebas alkohol atau beberapa sendok makan minyak zaitun.
  2. Naikan asupan kalsium.
    Pola makanan tinggi kalsium dapat membantu tubuh kita menciptakan kuku yang kuat, fleksibel, dan tidak mudah patah. Kalsium alami dapat kita temukan pada susu, tofu, dan brokoli. Penggunaan produk kuku yang mengandung kalsium juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah kuku rapuh dalam jangka yang pendek.
  3. Pola hidup yang berkelanjutan
    Mulai dengan meminum segelas jus jeruk di pagi hari. Ini merupakan cara yang praktis untuk mendapatkan kalsium dan air secara bersamaan. Kemudian, untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan menjaga kuku tetap lembab, biasakan   membawa botol air selama berktifitas. Pada makan malam, coba masukan brokoli dalam menu makanan kita 2 kali seminggu untuk mendapatkan kesehatan secara keseluruhan dan kuku yang tetap prima. Sebelum tidur, sempatkan beberapa saat untuk mengaplikasikan pelembab atau minyak zaitun pada kuku dan kutikula kita.

(Astrid Anastasia) prevention

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s