3 Asupan penting untuk rambut sehat.

Cuci dan bilas, mungkin ini merupakan standar umum yang kita lakukan untuk menjaga kebersihan mahkota kita. Tapi penggunaan sampo dan kondisioner saja,  tidak akan cukup untuk mewujudkan rambut sehat yang kita impi-impikan. Meski melakukan perawatan mahal sekalipun, kita tetap harus membawa rambut kita ke dapur.

“Setiap bulan, rambut kita tumbuh sekitar 0,75 – 1,5 cm. Dan, fondasi dari  pertumbuhan rambut, kulit, serta kuku yang baru sangat tergantung dari nutrisi yang kita dapatkan,” jelas Dawn Jackson Blatner, RD, konsultan diet dari Chicago. Artinya, jika kita mengkonsumsi makanan yang sehat maka sel-sel di selurub tubuh kita (luar dan dalam) akan bertumbuh lebih sehat dan kuat.

Walaupun kita bisa dengan mudah menemukan berbagai produk suplemen kecantikan di pasar swalayan terdekat, tapi usahakan untuk selalu mendapatkan nutrisi yang kita butuhkan langsung dari makanan yang kita konsumsi, saran Paradi Mirmirani, MD, dermatology di Vallejo, California.  Berikut 3 makanan yang tidak hanya menyehatkan tubuh tapi juga membuat rambut Anda tetap indah.

  1. Salmon. Kaya kandungan asam lemak omega-3, protein, B-12 dan zat besi membuat salmon menjadi asupan yang sangat baik untuk rambut. “Asam lemak omega-3 esensial dalam ikan salmon dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala,” jelas Andrea Giancoli, MPH, RD, konsultan diet di Los Angeles.
  2. Kacang-kacangan. Tidak hanya kaya akan protein yang mendukung pertumbuhan rambut, kacangan-kacangan, seperti kacang merah dan kacang lentil, juga mengandung cukup zat besi, biotin, dan zinc yang penting bagi perawatan rambut. Kekurangan asupan biotin bisa menyebabkan rambut menjadi mudah rapuh.
  3. Unggas. Ayam dan kalkun menyediakan protein dengan kualitas terbaik yang dapat membantu kita mewujudkan rambut sehat yang kita idamkan. “Tanpa adanya protein yang memadai, kita hanya akan membuat rambut menjadi lemah dan mudah rapuh. Dan, kurangnya asupan protein dengan kualitas yang baik akan menyebabkan warna rambut kita cepat pudar,” kata Giancoli.

(Astrid Anastasia)
prevention

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s