10 Tips Aman Ber-Twitter

Sifatnya sebagai jejaring sosial publik membuat Twitter kerap menjadi salah satu sasaran para peretas maupun pencuri untuk mengambil data pribadi sang pemilik.

Apalagi menurut  laporan ReadWrite.com di awal tahun, Indonesia tercatat sebagai negara pengguna Twitter nomor enam terbesar di dunia. Perkembangan pesatnya di tanah air tentu memiliki potensi merugikan dan tak lepas dari ancaman para pihak yang tak bertanggung jawab.

Berikut 10 tips penggunaan Twitter yang aman menurut Ema Linaker, AVG Global Head of Online Engagement :

  1. Batasi Pembicaraan Anda

    Para pengguna sering tak menyadari bahwa akun mereka merupakan akun publik (tidak dilindungi atau dibatasi), dimana semua orang bisa melihat tweet mereka. Pembicaraan detail dapat membuat kegiatan harian kita terbaca penjahat sebagai modal rencana kejahatannya.

  2. Berhati-hatilah Membuka Tautan

    Banyak orang menggunakan layanan pemendekan URL di Twitter, hingga sulit mengetahui situs yang anda kunjungi. Meski produk keamanan seperti linkscanner tersedia, bila ada keraguan mengenai tautan yang anda dapat, sebaiknya jangan dibuka.

  3. Waspadalah

    Waspadalah dengan aktivitas mencurigakan di timeline atau inbox anda. Jika ada tweet atau pesan berbau Spam, cek dulu apakah akun rekan anda telah terkena sasaran peretas atau perengkah.

  4. Berfikirlah sebelum Tweeting

    Meski telah dihapus, tweet anda ternyata masih dapat dilihat dengan menggunakan mesin pencari. Jadi pikirkan baik baik apa yang hendak ditulis, dan konsekuensinya.

  5. Jangan Lekas Percaya

    Anda tidak pernah tahu siapa saja follower anda di twitter. Jangan mudah percaya dan berteman dengan orang orang yang mungkin memiliki niat buruk.

  6. Periksalah Aplikasi Pihak Ketiga Secara Seksama

    Aplikasi pihak ketiga cenderung membutuhkan pasword dan username anda. Pastikan kemanannya dan carilah aplikasi yang banyak dibahas di situs terpercaya.

  7. Informasi Password

    Gunakan password berbeda untuk tiap akun jejaring sosial Anda, Kalau perlu ciptakan email berbeda untuk tiap akun (Facebook, Twitter dll).

  8. Saat Log in

    Periksalah pengaturan browser yang digunakan. Pastikan bahwa informasi anda tidak terekam bila anda menggunakan komputer bersama.

  9. Waspadalah Terhadap Serangan Phising

    Berhati-hatilah atas usaha-usaha mendapatkan informasi pribadi anda melalui tweet atau DM (Direct Message) yang menipu.

  10. Saat Menggunakan Telepon Seluler

    Berhati hatilah dengan telepon seluler anda dan siapa saja yang dapa tmenggunakannya. Bila anda memiliki aplikasi Twitter, pastikan anda selalu log out setelah menggunakannya.

Sumber :astaga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s