Mengintip Bisnis Iklan Facebook

Oleh : Karnain Lukman – KabarIndonesia

Situs online ini menyebutkan pada 2010, dana yang akan diserap seluruh situs jejaring sosial dari pemasangan iklan akan mencapai US$1,3 miliar, dan sebagian besarnya akan disumbangkan oleh Facebook.

Menurut seorang Direktur Facebook, setiap tahun perusahaan situs jejaring sosialnya mampu menghasilkan pendapatan senilai US$500 juta. Sementara pendapatan yang akan diraup tahun ini diprediksi mencapai US$ 605 juta.

Selain itu, pengamat online yang dikutip dari e-Marketer, memproyeksikan tahun ini Facebook akan dapat mengungguli situs jejaring MySpace dari sisi pendapatan iklan yang diperkirakan akan menghasilkan US$385 juta. Facebook telah menjadi media beriklan yang dianggap cukup efektif bagi sebagian orang dalam memasarkan sebuah produk, selain fungsi utamanya sebagai wadah untuk menjalin hubungan pertemanan secara online. Ini karena Facebook didukung oleh basis penggunanya (user) yang berjumlah jutaan.

Lalu bagaimana potensi pasar iklan online di Indonesia? Mengutip laporan dari Check Facebook, pada 9 November 2009, Amerika Serikat, Inggris, Turki, Perancis, Kanada, Italia, Indonesia, Spanyol, Australia, dan Filipina menempati urutan negara-negara yang memiliki pengguna Facebook terbanyak. Indonesia sendiri bertengger di urutan ke-7, dengan jumlah pengguna 11.759.980 atau mendekati angka 12 juta orang. Sebanyak 47,04%-nya merupakan pengguna aktif. Situs trersebut juga melansir pertumbuhan pengguna Facebook di Indonesia yang mencapai 6,84%, menempatkan Indonesia sebagai negara dengan penambahan jumlah user tertinggi.

Secara keseluruhan jumlah pengguna situs yang dibidani oleh Mark Zuckerberg sejak dua tahun lalu (2007) sudah menembus 325 juta orang. Banyak yang tercengang akan besarnya jumlah pemilik akun Facebook di Tanah Air. Angkanya tidak terpaut jauh dengan jumlah pengguna Facebook di negara-negara seperti Italia, Perancis, Kanada, dan Australia.

Padahal infrastruktur dan kepemilikan teknologi secara individu di Indonesia tak sebaik dan semasal dibandingkan negara-negara ekonomi maju. Sangat mungkin pendapatan global Facebook akan semakin menggembung dengan kontribusi signifikan dari kawasan Asia, khususnya Indonesia. Setidaknya dari 40.04% atau kurang lebih 5 juta pengguna aktif dari total pemilik akun Facebook di Indonesia akan menjadi target pasar bagi produk-produk yang dipasarkan oleh individu, usaha kecil menengah, serta korporasi dalam negeri.

Namun, tidak serta merta 5 juta pengguna itu menjadi pasar potensial. Dalam sebuah survei dipaparkan tiga besar rentang umur para facebookers di Indonesia berturut-turut berada pada kisaran 18-24 tahun, 25-34 tahun, dan 14-17 tahun. Bila dilihat dari data tadi, sebagian besar pengguna Facebook memiliki tingkat konsumtif yang rendah karena banyak dari mereka masih berstatus pelajar atau belum berpenghasilan.

Kegiatan mereka murni sekadar have fun, bila pun mereka sempat melihat iklan yang terpampang di halaman Facebooknya, kecil kemungkinan untuk mengetahuinya lebih lanjut. Akan tetapi, bukan berarti pula kategori umur tadi menjadi tidak potensial sama sekali. Di sinilah diperlukan ketajaman intuisi bisnis seorang pengiklan untuk melihat kebutuhan dan menangkap peluang pasar. Salah satu indikatornya adalah segmen umur.

Saat ini Facebook memiliki Facebook Connect, yakni fitur yang memungkinkan pengguna mengakses akunnya melalui 15.000 situs eksternal. Ini artinya kesempatan pengiklan agar produknya dilihat konsumen semakin besar. Dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak ke-tujuh di dunia dan diyakini oleh para pengamat online dapat beranjak ke posisi lebih tinggi, tentunya para pengiklan tidak boleh lagi beranggapan Facebook atau situs jejaring sosial lainnya sebagai secondary platforms brand advertising. So selamat beriklan online bagi Anda yang akan, sedang, serta mengembangkan usaha. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s