Ekonomi Kreatif a la Petruk dan Gareng

SCENE 1: EXT. ANGKRINGAN – MALAM HARI

Petruk dan Gareng sedang asyik menikmati hidangan di angkringan depan padepokan mereka.

  • “Truk, aku tadi liat tipi..”, kata Gareng.
  • “Lah kenapa? Tipi kan emang untuk dilihat. Nah kalo nasi kucing kan emang nasibnya untuk dimakan”, sahut Petruk sekenanya.
  • “Semprulll.. bukan itu maksudku. Serius neh.. Ada gosip baru.. “,kata Gareng.
  • “Walah.. kayak artis aja ada gosip. Mang ada gosip apa lagi? Eh,omong-omong.. kamu itu kalo makan memang selalu serius. Selain makan itu baru ndak serius. Hahaha… “, kata Petruk sambil tertawa.
  • “Woo.. lha kamu sendiri juga kalo makan serius kok… Ndak Truk, kalo sekarang ini.. aku lagi cerdas juga. Mau denger gosip baru ndak?”,tanya Gareng.
  • “Ya udah.. ada gosip apa?”, tanya Petruk kembali sambil menikmati nasi kucingnya.
  • “Trukk.. menurut berita di tipi kemaren.. gosipnya itu.. Indonesia mau memasuki jamannya ekonomi kreatif. Kata orang di tipi kemaren,mboh aku lupa sapa namanya.. Cetak Biru Ekonomi Kreatif Indonesia itu sudah diserahkan ke Presiden. Nah, nantiii.. itu cetak biru mau diserahkan ke departemen-departemen para menteri sebagai dasar pembangunan di Indonesia”, kata Gareng menjelaskan.
  • “Lha trus..?”, tanya Petruk kembali.
  • “Nah.. sekarang aku bingung. Sebenarnya ekonomi kreatif itu apa toh?”, kata Gareng.
  • “Lah kok malah nanya.. bukannya kamu yang nonton itu tipi. Bukannya kamu tadi bilang kalau kamu juga lagi cerdas. Kok malah nanya.. piye toh”
  • “Pas nonton itu aku nggak cerdas Truk, pas nanya sekarang ini aku cerdas. Cerdas untuk bertanya maksudnya. Hehehe.. “, jawab Gareng sambil nyengir.
  • “Kentir…”, umpat Petruk.
  • “Hahaaha.. ayolah.. bagi-bagi ilmu sedikit kenapa..”, bujuk Gareng.
  • “Gini ya Reng…ndak usah mikir yang mumet-mumet. Dah ada orang yang pinter-pinter di sono yang mikirin. Kita disini kreatif makan saja. Kalo ada duit ya makan enak di restoran, kalo duitnya tinggal sedikit ya makan di angkringan. Kalo ndak ada duit, kita berkreatif ria minta sumbangan.. beres toh..”, ujar Petruk.
  • “Walah.. mau diajak mikir maju kok nggak mau. Pantesan yang maju cuman hidung doang.. “, sahut Gareng kesal
  • “Wooo.. jangan salah. Jelek-jelek dan hidung maju kayak gini tapi aku kan lebih tahu tentang ekonomi kreatif daripada kamu..”, kata Petruk.
  • “Lah udah tahu kok malah ndak nerangin.. cari alesan itu namanya.. Hahaha”, ejek Gareng.
  • “Weladalah.. malah ngeremehkan.. pengen diterangin beneran toh?”,tantang Petruk.
  • “Lah kalo ndak juga ngapain aku nanya Truk.. sebenernya yang pekok itu aku atau kamu? Hahaha.. “, jawab Gareng sambil tertawa.
  • “Ya wes.. jadi begini….”, kata Petruk sambil mengubah nada suaranya.
  • “Sik.. suara kamu jangan sok punya wibawa gitu.. malah lucu nanti aku dengernya.. hehehe.. “, potong Gareng.
  • “Semprulll.. mau dikasih tahu kok malah protes melulu.. “, maki Petruk.
  • “Hahaha.. wajah kamu kalo sok wibawa begitu kelihatan lucu soalnya.. Ayo lanjutt..”, ujar Gareng.
  • “Jadi gini Reng.. ekonomi kreatif itu sistem ekonomi yang berbasiskan pada industri kreatif. Nah, industri kreatif sendiri itu adalah industri yang asalnya memang dari pemanfaatan kreativitas,ketrampilan dan bakal individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan. Cara gimana? Ya dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu itu sendiri. Nah,industri kreatif itu sendiri akan tercipta pada masyarakat yang berbasiskan pengetahuan. Jadi..sejatinya ekonomi kreatif itu adalah bagian dari ekonomi yang berbasiskan pengetahuan… Bukan cuman ngandalkan sumber daya alam dan infrastruktur belaka… Begituuuu….”,kata Petruk menjelaskan.
  • “Waduhh.. Mumet! Terlalu ilmiahh…”, ujar Gareng sambil gatuk-garuk kepalanya.
  • “Mumet?.. Pantes.. wong utekmu mung sak kepel.. Hahaha.. “, kata Petruk sambil tertawa.
  • “Hahaha.. ho oh.. makanya jelasinnya yang gampang aja..”, kata Gareng sambil tertawa pula.
  • “Kamu kemaren nonton tipi toh?”, tanya Petruk.
  • “Iya.. “, jawab Gareng.
  • “Pas kamu nonton itu ada iklannya juga nggak?”, tanya Petruk kembali.
  • “Wahh.. ya jelas ada. Uookehh malah.. malah aku seneng nonton iklan’e.. bintang iklan saiki ayu-ayu.. Hahahaha.. “, jawab Gareng sambil tertawa.
  • “Hahaha.. dasar wong gemblung.. “, ujar Petruk sambil tertawa pula.
  • “Ya wes.. di tipi kamu nonton juga seirng nonton film kan?”, tanya Petruk lagi.
  • “Ho oh.. palagi kalo ada bintang pilem yang cuakeeepp Truk.. kadang sampai terbawa mimpi.. hihihi”, jawab Gareng kembali.
  • “Lah.. itu dia Reng. Semua yang kamu tonton semua itu tadi contohnya. Mulai dari acara tipi yang kamu tonton, iklan, sampai film yang bintangnya cuakepp itu. Semua produk dari industri kreatif. Masih banyak lagi lainnya..”, kata Petruk menjelaskan.
  • “Wooo.. gitu toh.. trus yang lainnya apa?”, tanya Gareng kembali.
  • “Uookeh… tapi kalo di Indonesia sendiri itu ada 14 sektor industri yang tergolong dalam industri kreatif. Ada periklanan, arsitektur; pasar seni dan barang antik, kerajinan, desain, fashion, video, film, dan fotografi, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan,penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, TV dan radio, serta riset dan pengembangan.”, kata Petruk.
  • “Weladalah.. jebule yo uokeh yo.. berarti kalo gitu wayang juga termasuk dalam situ ya .. termasuk kita-kita ini.. “, kata Gareng.
  • “Betull itu.. dan kita ini termasuk dalam kategori orang kreatif Reng.. “, kata Petruk membenarkan.

“Ho oh.. dan saking kreatifnyaaaa… itu hidung kamu sampai panjang segitu ya… Hahahahaha…. “, jawab Gareng sambil tertawa.

http://yainal.web.id/dongeng/ekonomi-kreatif-a-la-petruk-dan-gareng/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s