Waktu Tepat Gunakan Obat

Written by Azril Kimin

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan pasien di apotik bila memperoleh obat adalah kapan sebaiknya obat tersebut digunakan. Sesudah atau sebelum makan, pagi hari atau malam hari, dan sebagainya. Di bulan puasa pertanyaan bertambah dengan bagaimana mengatur waktu menelan obat bila siang hari kita berpuasa.

Pertanyaan ini memang wajar dilontarkan mengingat beberapa obat memiliki kemampuan mengobati berbeda bila waktu pemberian berbeda pula. Menggunakan obat tanpa memperhatikan waktunya sering menimbulkan banyak masalah. Dari ketidak-nyamanan, pemborosan, bertambah buruknya penyakit, maupun timbulnya penyakit lainnya.

Ketidak-nyamanan terjadi misalnya jika anda menggunakan diuretika di-malam hari ketika hendak tidur. Obat tersebut tentu membuat anda terjaga sepanjang malam karena seringnya ke kamar keci. Pemborosan dapat terjadi kalau “sasaran” yang dihadapi obat sedang bersembunyi atau sedikit muncul pada saat obat digunakan.

Contohnya menggunakan obat anti kolesteol simvastatin pada siang hari dianggap pemborosan karena obat ini cara kerjanya menghambat produksi kolesterol di hati kita. Mengingat produksi kolesterol paling tinggi antara tengah malam hingga pagi hari, sungguh tepat bila obat tersebut digunakan malam sebelum tidur.

Pemborosan juga terjadi kalau kita menggunakan antibiotika di saat perut kita penuh setelah makan nasi goreng berikut dua gelas es campur misalnya. Karena bersaing dengan makanan dalam proses penyerapan di saluran cerna, maka obat yang diserap tubuh lambat dan jauh lebih sedikit sehingga antibiotika kurang efektif berhadapan dengan pasukan kuman yang akan dilenyapkan.

Waktu menggunakan obat yang tidak tepat dapat memperburuk penyakit, misalnya ketika menggunakan tablet antidiabetes dalam diet sangat ketat, sehingga kadar gula darah menjadi sedemikian rendahnya sehingga suplai gula ke otak sangat minim yang akhirnya membahayakan hidup anda.

Penyakit lain dapat muncul bila anda menggunakan obat bersama alkohol atau obat lainnya. Penggunaan obat anti kolesterol kelompok statin bersama minuman beralkohol akan mempercepat kelainan pada hati maupun ginjal anda.

Sebelum atau sesudah makan

Namun pertanyaan sering di apotik mengenai waktu penggunaaan obat adalah apakah obat tersebut digunakan sebelum makan atau sesudah makan. Dalam keadaan lambung kosong (belum makan), proses penyerapan obat oleh dinding saluran cerna berlangsung paling cepat. Akibatnya obat lebih cepat masuk peredaran darah untuk mulai bekerja.

Jika diinginkan efek cepat, ada baiknya menelannya sebelum makan. Obat yang digunakan sebelum makan misalnya antibiotika kelompok penisilin, cephalosporin, eritromisin, rifampisin dsb. Antibiotika tersebut ditelan pada saat lambung tidak penuh agar kadar obat tersebut dalam plasma darah bisa setinggi-tingginya.

Patokan menelan obat pada saat lambung tidak penuh adalah 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan. Sebaliknya, obat-obat yang merangsang mukosa lambung dianjurkan ditelan pada saat makan, seperti halnya aspirin, garam-garam besi, anagesik non steroid, kotrimoksasol, corticosteroid dan sebagainya.

Di saat Ramadhan pengguna obat juga perlu mengatur waktu penggunaan obat yang tepat agar tubuh kian sehat tapi ibadah puasa tidak terganggu (bagi pasien yang diperbolehkan puasa) Menggunakan obat-obatan di kala puasa dewasa ini tidaklah serumit masa lalu.

Dengan berkembangnya teknologi farmasi, kendala menelan obat yang berulang tiap 6 atau 8 jam sudah dapat diatasi Sekarang sudah banyak obat-obat yang penggunaannya 1 atau dua kali sehari. . Tentulah menyulitkan bila anda harus menelan antibiotika 4 kali sehari sedangkan anda tak mau kehilangan puasanya (AK).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s