Hipertensi Dan Kaki Ayam

Written by Azril Kimin

Bagian apa dari ayam yang anda sukai? Dada, paha atau sayap? Itulah bagian tubuh ayam yang biasa dihidangkan bila kita bersantap di restoran. Kalau anda punya tekanan darah tinggi, ada baiknya mulai sekarang anda memilih kaki ayam sebagai menu utama.

Soal enak atau tak enak mengapa kaki ayam yang disantap tak usah dipikirkan dahulu. Tapi khasiatnya itu lho, yang diduga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, seperti berita yang disampaikan Kantor Berita Reuter baru-baru ini. Beberapa ilmuwan Jepang di Universitas Hiroshima telah mempublikasikan penelitiannya pada Journal of Agricultural Chemistry and Food.

Menurut mereka, ekstraks kollagen yang diperoleh dari kaki ayam ketika diberikan pada sekelompok tikus percobaan yang hipertensi, mampu menurunkan tekanan darah tikus-tikus tersebut delapan jam kemudian. Sedangkan kelompok tikus lain yang diberikan plasebo – bukan ekstrak kollagen – ternyata tekanan darahnya tetap tinggi.

Di samping itu, penurunan tekanan darah yang signifikan terjadi sampai 4 minggu kemudian. (Kolagen adalah sejenis protein dari jaringan ikat yang liat dan bening kekuning-kuningan. Secara tradisionil, banyak orang tua di Indonesia percaya bahwa kolagen pada kaki ayam berkhasiat untuk mempercepat anak mulai berjalan dan bermanfaat mengobati asma.)

Memang percobaan ini baru dilaksanakan pada tikus. Tapi tidak ada ruginya kalau anda yang punya tekanan darah tinggi menjadikan kaki ayam sebagai menu sehari-hari. Siapa tahu dapat membantu meringankan penyakit. Selain tanpa resiko, kaki ayam kan enak. Tapi perlu diingat, kalau anda memang penderita hipertensi berat, obat-obat dan kontrol rutin kepada dokter jangan ditinggalkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s