Asam Folat Pencegah Cacat

Written by Azril Kimin

  • Asam Folat  merupakan obat paling aman bagi wanita hamil.
  • Asam folat atau folic acid dimasukkan ke dalam Kategori A pada Tabel Keamanan Obat yang disusun oleh FDA (apabila digunakan sesuai dosis yang dianjurkan).
  • Tak banyak obat yang bisa masuk kedalam kategori ini karena syaratnya cukup berat, yakni: harus ada hasil yang meyakinkan  dari penelitian dengan obyek wanita hamil (nyaris tidak ada obat baru yang melakukan studi ini karena menggunakan wanita hamil sebagai obyek penelitian amat beresiko dan dianggap tidak etis).
  • Asam Folat adalah salah satu anggota vitamin B komplek yang perannya tak usah diragukan lagi.
  • Asam folat diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan putih, mencegah anemia dan dan yang paling bermakna adalah mencegah terjadinya bayi cacat.
  • Asam folat dapat mencegah terjadinya neural tube defects, suatu kelainan pada otak, batok kepala dan sumsum tulang belakang.
  • Kelainan bawaan ini disebabkan gangguan pada periode organogenesis yang terjadi  pada trisemester pertama kehamilan – terutama pada 28 hari pasca konsepsi.
  • Selain mencegah kecacatan, asam folat diyakini pula bermanfaat untuk mencegah bayi lahir prematur.
  • Asam folat juga berperan mencegah spina bifida (penonjolan kearah luar tubuh sumsum dan tulang belakang). Cacat ini berupa terbukanya tabung saraf ditulang belakang karena penutupannya tidak terjadi sempurna ketika janin terbentuk.
  • Karena pentingnya peran asam folat tersebut maka di AS banyak makanan seperti cereal difortifikasi atau ditambah asam folat ketika dipasarkan.
  • Setelah kampanye dan pelbagai usaha mencukupkan kebutuhan wanita hamil akan asam folat digalakkan, tingkat kecacatan bayi di AS menurun dengan tajam.
  • Dosis yang dianjurkan adalah 400 microgram atau 0,4 mg sampai 800 microgram per hari, dan sebaiknya sudah digunakan juah-jauh hari bagi pasangan yang ingin hamil. Jadi tidak berlebihanlah kalau asam folat dianjurkan untuk segera dikonsumsi wanita yang baru melangsungkan perkawinan, terutama yang memang berminat untuk mendapatkan anak.

Di Indonesia saat ini beredar tak kurang dari 160 merek  obat yang mengandung asam folat. Asam folat atau folacin umumnya terdapat dalam tablet B complex,  dan multivitamin/ vitamin penambah darah seperti Sangobion. Tablet yang mengandung asam folat sebagai preparat tunggal  sangat murah harganya, sekitar 100 rupiah pertablet.

Sebenarnya asam folat banyak terdapat dalam sayuran serta buah-buahan seperti tomat, brokoli, bayam, jamur, hatiayam dan juga kuning telor. Bagi orang dewasa, asam folat  juga bermanfaat mencegah gangguan jantung, stroke, beberapa jenis kanker dan penyakit yang kerap menyerang orang tua: alzheimer’s disease.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s