Yuk Contek Diet dari Tiga Negara

VIVAnews – Finalia Kodrati, Mutia Nugraheni

Setiap negara memiliki kebiasaan makan yang berbeda-beda. Diantaranya ada yang memiliki kebiasaan makan sehat dan bisa Anda terapkan sebagai pola diet. Tidak ada salahnya untuk mencoba kebiasaan makan sehat tersebut. Berikut beberapa kebiasaan makan sehat dari tiga negara.

1. Jepang
Penduduk Okinawa di Jepang rata-rata memiliki IMT (indeks massa tubuh) normal yaitu 21.5. Hal itu karena mereka menerapkan diet tradisional yang disebut “hara hachi bu” atau berhenti makan saat merasa 80% kenyang. Kita mungkin lebih mengenalnya dengan berhenti makan sebelum kenyang. Itu bukan berarti Anda berhenti makan saat masih merasa lapar tetapi makanlah sesuai kapasitas perut dan jangan menuruti nafsu.

“Saat merasa kenyang untuk pertama kalinya dan berhenti makan,akan memberikan otak kesempatan untuk menyadari bahwa Anda sudah kekenyangan sebelum makan lebih banyak lagi,” kata Bradley Willcox, penulis buku Okinawa Diet Plan, seperti vivanews kutip dari Shine, Jumat 9 Oktober 2009.

2. Mediterania
Gorenglah makanan dengan menggunakan minyak zaitun seperti para penduduk negara Mediterania. Campurkan juga minyak zaitun pada sayur dan buah, karena tidak hanya lebih sehat tetapi juga membuat rasanya menjadi lebih enak. Sehingga, Anda akan lebih menyukai dan banyak memakan sayur dan buah. Seperti yang kita tahu, kunci untuk menjaga berat badan adalah mengonsumsi makanan yang sehat

3. Perancis
Seringkali Anda makan sambil melakukan sesuatu baik menyetir, menonton televisi atau mengetik di depan komputer. Kebiasaan ini sangat tidak baik karena menurunkan kepuasan Anda pada makanan dan memicu Anda untuk makan lebih banyak lagi. Di Perancis kebiasan makan sambil melakukan sesuatu dianggap tidak sopan. Mobil-mobil di Perancis juga tidak memiliki tempat penyimpanan gelas di dalam mobil, karena tidak boleh makan ataupun minum sambil menyetir.

“Saat Anda makan sambil melakukan hal lain, akan cenderung untuk makan lebih banyak tanpa menyadarinya,” kata Dean Ornish, MD, penulis buku “Eat More, Weigh Less”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s