Cegah Anemia dengan Vitamin B12

VIVAnews – Petti Lubis, Mutia Nugraheni

Vitamin B12 merupakan vitamin yang hanya terdapat pada produk hewani seperti daging, susu dan telur. Kekurangan vitamin B12 bisa membuat Anda terkena anemia atau sering disebut kekurangan darah yang sebenarnya kekurangan folat.

Hal itu karena tanpa vitamin B12, folat tidak dapat berperan maksimal dalam pembentukan sel-sel darah merah. Vitamin B12 dibutuhkan untuk melepaskan folat, sehingga dapat membantu pembentukan sel-sel darah merah. Vitamin B12 juga sangat penting dalam proses pembentuk sel darah dan pertumbuhan sel-sel lainnya. Selain itu memelihara lapisan yang mengelilingi dan melindungi syaraf.

Tidak seperti vitamin lain yang larut pada air, vitamin B12 ini tersimpan pada hati, ginjal dan jaringan-jaringan. Sehingga gejala kekurangan vitamin B12 sering baru terlihat lima atau enam tahun kemudian. Selain anemia, kekurangan vitamin B12 berdampak buruk pada sistem syaraf, membuat kulit sangat sensitif dan mudah keriput.

Vitamin B12 ini bekerja bersama substansi yang terdapat pada perut sebagai faktor intrinsik. Faktor intrinsik inilah yang mengikat substansi dengan vitamin B12 agar terserap oleh tubuh. Semakin bertambahnya usia, membuat substansi dan sel pada perut pembentuk faktor intrisik berkurang.

Hal ini berakibat menurunnya penyerapan oksigen pada sel dan bisa memicu depresi dan lelah otot. Jadi, mulai dari sekarang penuhi kebutuhan vitamin B12 dengan mengonsumsi produk hewani. Jika Anda tidak suka dengan produk hewani atau vegetarian, bisa mengonsumsi suplemen vitamin B12 yang banyak dijual di pasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s