Mengapa Wanita Cepat Tua

   

“Deadly Virus” Mengapa Wanita Cepat Tua !!!

 

Kerutan di wajah semakin ramai mewarnai ruas paras Anda. Betapa mengganggunya! Ditambah banyak sekali orang menebak umur Anda empat angka lebih banyak dari yang semestinya. Bikin malu saja!

Ungkapan “Mau coba krim anti aging terbarunya mba?” kala sedang melintasi counter-counter produk kecantikan saat sedang berada di mal, merupakan penyiksaan batiniah tersendiri bagi seorang wanita. Coba tunjuk, wanita mana yang rela dinilai tampak tua oleh orang lain, tentu tak ada. Memang sudah takdirnya wanita itu dicipta dengan suatu hormon tanpa nama yang haus akan pernyataan penuh puja.

Mungkin bukan sepenuhnya salah si pramuniaga yang melulu menawarkan krim anti kerut itu pada Anda, coba teliti kembali kondisi kesehatan kulit Anda, telaah sudah berapa banyak garis kerut “premature” ang semestinya baru ada beberapa tahun mendatang, jika jumlahnya malah membuat Anda semakin tebal memoleskan concealer atau foundation di pagi hari, yah berarti si pramuniaga itu tidak salah, justru ia menawarkan kepada orang yang tepat.

Wanita dengan usia di atas 25 memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi, melebihi sindrom PMS barangkali, apalagi jika menyentuh pada persoalan usia, berat badan dan pasangan, siapapun harus berpikir berulang-ulang kali sebelum menanyakan isu tersebut pada mereka.

Dari hal yang paling sederhana saja, seperti sebutan “ibu” yang kerap dituturkan saja sudah lebih dari cukup untuk membuat Anda dongkol seharian. Dan sekali lagi ini bukti nyata bahwa wanita memang selalu ingin tampak muda dan segar, atas dasar ini pulalah yang membuat mewabahnya pusat-pusat perawatan kecantikan yang menawarkan berbagai program-program facelift, anti aging, botox dan sebagainya.

Sampai sini, tentu Anda kini jadi tambah paham dong, bahwa ketika Anda bertambah umur semakin banyak informasi diri yang enggan dibagi pada orang-orang yang dirasa tak perlu tahu, maksudnya informasi itu ialah data usia dan berat badan apalagi.
Fuih .. jika ada pria yang membaca rubrik ini, hers yakin ia pasti akan membatin, “ah kompleksitas wanita memang bagai benang kusut, ada-ada saja”.

Namun ironisnya tanpa disadari justru Anda yang kerap kali melakukan beberapa hal yang mempertebal ekstra lebih banyak si kerutan di atas wajah Anda sendiri. Berbagai kebiasaan buruk dan gaya hidup tak sehat, merupakan oknum yang menghambat Anda meraih gelar awet muda. Sebelum Anda mulai menabung demi budget untuk melakukan bedah plastik di beberapa tahun ke depan, lebih baik identifikasi dari sekarang, apa saja sih bad habit yang mengacaukan rencana Anda dalam memiliki kulit yang senantiasa kencang dan sehat selamanya.
   
HATI-HATI DENGAN ALKOHOL
Akibat dari pengaruh alcohol memang bervariasi, mulai dari rasa malu dengan tindakan yang Anda lakukan karena tak sadar sementara waktu, kemudian masih ada lagi dampaknya, yaitu menyiksa kesehatan kulit Anda. Dehidrasi dan jerawat akan menyerang secara agresif. Dan biasanya ketika Anda menegak terlalu banyak alkohol sewaktu clubbing, tentu saat tiba pulang,

Anda akan lebih memilih untuk langsung tidur, sehingga ritual mencuci muka pun terlewatkan, dipastikan kosmetik yang terlampau lama menempel pada kulit akan memberikan dampak negatif. Itu baru sebatas kulit luarnya saja lho, belum lagi efek buruk pada organ dalam tubuh Anda.

Perlu Anda pahami, bahwa ketika Anda menyesap alkohol dalam kadar berlebihan, itu membuat seluruh sistem detoksifikasi tubuh lembur sepanjang hari. Fungsi hati dan ginjal serta merta “wajib” menyaring tambahan racun dalam jumlah banyak, sehingga memaksa sistem kerja kedua organ itu untuk bekerja lebih keras dari yang seharusnya.

Sebenarnya, alkohol memiliki efek positif pada tubuh, ASAL tidak diluar batas normal. Menurut Dutch Nutrition Journal of Epidomology, satu atau dua gelas mampu mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 30%.

Trik Anti Tua : jangankan untuk kesehatan kulit, dampak pada self image pun tidak baik bagi wanita yang gandrung sekali akan alkohol. Lebih baik ikuti saran para ahli yang menyarankan untuk tidak menjadikan minuman beralkohol sebagai minuman wajib dikonsumsi setiap hari. Ketika menghadiri jamuan yang menyediakan aneka minuman beralkohol dan demi menjaga suasana hati si tuan rumah, minumlah satu gelas wine secara perlahan, kemudian dilanjutkan dengan mencicipi buah sembari menyesap air mineral.

MEROKOK
Dijamin Anda pasti tahu akibat dari terlalu banyak merokok, sayangnya pemerintah hanya menganjurkan seseorang untuk tidak merokok, bukan melarangnya. Merebaknya peraturan pemerintah agar tidak merokok di sembarang tempat, bagaikan sebuah petuah usang yang mudah diingkari. Jadi jika sampai detik ini Anda masih gemar merokok, maka berikanlah ucapan selamat datang pada kerutan wajah sedari sekarang. Mengapa?

Bagaimana tidak, rokok itu mempersempit sel darah pada kulit sehingg mengurangi aliran darah yang seharusnya lancar jadi tersendat. Bila sudah begini, penyaluran nutrisi penting seperti vitamin, mineral, kolagen jadi berkurang suplainya. Tak hanya itu saja, merokok juga ikut mengaktifkan sebuah enzim peluruh kolagen yang sesungguhnya ialah protein penting pembentuk kulit untuk menjaga kondisinya selalu elastis, kebiasaan merokok akan memperburuk penampilan wajah Anda. Membuat kulit jadi kering, tua dan keriput

Trik Anti Tua : segera hentikan kebiasaan merokok! Langkah ini pun akan mengurangi risiko terserang kanker dan serangan keriput di usia muda. Jika sulit rasanya untuk menghilangkan kebiasaan ini, coba awali dengan menguranginya terlebih dahulu, kemudian cari kebiasaan yang lebih sehat untuk mengalihkan keinginan untuk merokok tersebut, seperti mengunyah permen karet misalnya. Lalu, minta juga bentuk dukungan positif dari orang-orang sekeliling Anda untuk membantu Anda mewujudkan niat positif tersebut.

STRESS YANG BERTUBI-TUBI

Sudah “nasib” mutlak sepertinya bila hidup di kota besar, maka bonusnya adalah beban stress sebagai “topping” manis pelengkap ritual harian Anda. Dan sulit sepertinya membayangkan orang yang memiliki banyak masalah dalam hidupnya, tetapi tampak begitu segar dan sehat tampilan wajahnya. Ketika Anda tak cerdas kala memilah-milah emosi sewaktu menghadapi beban persoalan, maka bonus pastinya adalah stres dan kerutan pada wajah.

Mungkin perasaan penuh tekanan, gelisah dan kekhawatiran tahap akut, sudah akrab untuk Anda setiap dilanda si virus “mematikan” bernama stres. Padahal ketik diri Anda sedang diterjang oleh beban stres nan menderu seru, menyebabkan hormon-hormon tubuh dan tingkat bahan kimia di dalamnya jadi meningkat dan ini jelas mempengaruhi kulit beserta fungsi-fungsinya.

Produksi minyak meningkat, sedangkan air, oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan kulit di “jarah” habis oleh beban stres tersebut sehingga membuatnya kehilangan fungsi sesungguhnya. Saat kulit jadi begitu kelaparan seperti ini, fungsi pertahanan alamiahnya jadi lemah! Hasilnya adalah kondisi kulit yang kusam, sensitif, berjerawat, kehilangan tampias sinarnya, gatal, kering dan yang paling menyeramkan yaitu BERKERUT! Logikanya saja, saat stres hadir, otomatis alis, mulut dan mata Anda jadi lebih rajin mengerut, hasilnya? Cepat keriput.

Trik Anti Tua : antisipasi pertanda awal kehadiran stres. Yang paling lazim terjadi yaitu jantung berdetak lebih kencang dan tubuh jadi mudah berkeringat. Ketika gejala semacam itu mulai terasa, segera tarik napas panjang dan hembuskan perlahan, aktifitas sistem pernapasan yang diatur sedemikian tenang akan mengirim sinyal yang sama pada otak Anda.

Mulailah untuk mengatur datangnya stres, terdengar mustahil memang, tapi bukan berarti tak bisa dilakukan, misalnya Anda sudah muak dengan kemacetan yang selalu menghiasi pagi hari Anda, atasi dengan bangun lebih pagi untuk terhindar dari keruwetan lalu lintas yang rasanya “merangsang” kepala untuk pecah mendadak tersebut, tak hanya terhindar dari padatnya jalan, Anda pun akan dinilai baik oleh perusahaan karena selalu datang lebih awal daripada yang lainnya.

BAHAYA SINAR MATAHARI

Apa mau dikata, Indonesia memang “kebagian” jatah menjadi negara tropis alias banjir sinar matahari. Menurut survei global warming yang sedang menyerang dunia sekarang ini, tanah air tercinta kita menyumbang kontribusi sebanyak enam persen pada wabah alam tersebut, disebabkan oleh penggundulan hutan dan semacamnya. Bukan prestasi yang membanggakan bukan?

Efek sinar matahari ini pun ternyata membawa dampak buruk pada kondisi kesehatan dan kecantikan kulit pada wanita, walaupun sekarang telah banyak produk-produk kecantikan yang memanjakan para wanita, tapi semua itu sifatnya sementara. Langkah paling efektif untuk terhindar dari gelar nenek-nenek saat usia memasuki fase 30 an adalah hindari terlalu banyak terkena sinar matahari.

Terangnya mentari merupakan penyebab utama dari berubahnya kulit yang sering disalah artikan sebagai tanda penuaan. Saat umur semakin senja, kulit Anda pun akan bertambah tipis dan kehilangan lemak, sehingga kulit tampak lebih tidak padat dan jauh dari mulus. Ini karena urat dan tulang jadi semakin menyolok. Tak hanya sebatas itu saja, terlalu sering berpaparan langsung dengan matahari juga membuat kulit butuh waktu lama dalam beregenerasi atau menyembuhkan dirinya sendiri, ditambah lagi ancaman terserang kanker kulit yang menyeramkan.

Trik Anti Tua : berteduh ialah cara paling aman demi mengantisipasi bahaya sinar matahari. Selain tampak semakin stylish, mengenakan aksesori topi akan membantu Anda untuk melindungi kesehatan kulit. Kurangi berjemur, sebab Anda bukan seorang Paris Hilton yang wajib terlihat tanned setiap saat, gunakanlah tabir surya yang mengandung SPF 15 agar risiko ancaman kanker kulit dan berkerut teredam lebih dalam!

GERAK TUBUH NAN MINIMALIS

Bangga karena punya banyak waktu merebahkan diri dan bermalas-malasan kala akhir pekan di rumah? Tunggu dulu! Setelah membaca ini, pasti Anda akan segera mengurangi kebiasaan tersebut. Karena lewat penyakit malas ini, kemungkinan memiliki kulit kusam dan berkerut-kerut akan semakin lebar jalannya.

Sebab kebiasaan bermalas-malasan ini merupakan faktor yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Padahal olah tubuh itu, sesebentar apapun Anda melakukannya, akan merentangkan kadar rentang waktu hidup Anda lho. Dan Anda pun akan terhindar dari segalam macam jenis penyakit yang disebabkan oleh obesitas, stres, tekanan darah tinggi dan penyakit Alzheimer.

Trik Anti Tua : lebih banyaklah bergerak mulai dari sekarang! Tak perlu langsung mendaftarkan diri ke gym, jika tak punya waktu maka akan mubazir kan akhirnya. Mulailah dengan aktifitas dari rumah saja, seperti membereskan kamar tidur Anda, membersihkan rumah, berkebun, mencuci mobil dan sebagainya. Atau bila sedang berada di kantor, lupakan lift dan pilih cara manual saja, yaitu gunakan tangga untuk sampai ke lantai kantor Anda. Kemudian parkir mobil agak lebih jauh dari pintu utama, atau yang paling menyenangkan dan tak terasa letihnya ialah window shopping!  

Teks     : Syafrina
Photo    : Istimewa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s