Tip Merawat Bak Cuci Piring

Penulis : Yulia Permata Sari

PERNAH mengalami momen kurang menyenangkan ketika bak cuci piring tersumbat dan menguarkan bau tidak sedap? Menyebalkan bukan, karena selain jorok, pekerjaan untuk membersihkan piring dan gelas kotor menjadi tertunda dan makin menumpuk.

Agar lain waktu tidak mengalami masalah serupa, ada baiknya mencurahkan perhatian lebih dengan memberikan bak cuci piring Anda sejumlah perawatan ekstra. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Buang sampah makanan

Buanglah sisa-sisa makanan di piring bekas makan Anda di tempat sampah dan bukan di bak cuci piring. Sampah inilah yang akan menjadi sumber segala permasalahan bak cuci dari bau hingga tersumbat. Jadikan membuang sisa makanan ini menjadi sebuah kebiasaan keluarga.

Memberantas bau

Sampah makanan yang berasal dari piring yang dicuci seringkali membuat bak cuci piring menjadi bau. Selain itu, bak cuci piring pun bisa menjadi sarang kuman. Untuk mengenyahkan bau dan membunuh bakteri,tuangkan secangkir cuka putih ke dalam bak cuci piring dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu baru dibilas dengan air panas.

Menghilangkan lendir

Sampah makanan yang ikut terbuang ke saluran pembuangan bisa mengendap dan membuat pipa saluran berlendir, sehingga air tersendat-sendat mengalir ke dalamnya. Untuk mengatasinya, gunakan hairdryer untuk memanaskan pipa saluran yang terdapat di kolong bawah bak cuci piring. Setelah beberapa lama lendir kotoran akan meleleh dan Anda pun bisa menyiramnya dengan air panas.

Mengatasi pipa tersumbat

Berhati-hatilah dengan sampah apa saja yang ikut terbuang ke dalam pipa saluran bak cuci piring Anda. Gunakan saringan untuk mencegah sampah padat masuk ke dalam saluran pembuangan, dan jangan pernah menuangkan minyak ke saluran. Jika bisa, seka dulu wajan atau panci berminyak menggunakan kain lap sebersih mungkin sebelum mencucinya di bak cuci piring. Selain itu, jangan membuang bahan-bahan kimia seperti cat atau cairan pengencer cat ke dalam saluran bak cuci piring.

Membersihkan bak cuci piring

Ingatlah untuk membersihkan bak cuci piring secara teratur,misalnya satu kali dalam seminggu. Tuangkan air mendidih ke dalam saluran pembuangan untuk membersihkan kotoran yang sudah dicampur dengan garam. (OL-08)

Sumber ; http://www.mediaind onesia.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s