Berpikir Rumit, Berarti Sok Pintar

Mengapa banyak orang yang dirinya selalu terbebani oleh banyak masalah, salah satu penyebabnya adalah terlalu berpikir rumit. Sebenarnya terlalu berpikir rumit itu dua kemungkinan.

Pertama memang masalahnya rumit dan kemungkinan kedua kita tidak meningkatkan wawasan stratejik sehingga banyak masalah mudah terlihat menjadi rumit. Orang-orang hebat biasanya berpikirnya sangat sederhana namun punya daya gempur sangat luar biasa.

Albert Einstein, bukan sekedar pintar, tetapi juga mampu menciptakan sesuatu yang luar biasa lewat teori relativitasnya, dia membuat rumus yang sangat sederhana dan mudah dipahami banyak orang yaitu E = MC². Dampaknya sangat luar biasa.

Adam Smith juga melakukan sesuatu dengan cara sangat sederhana, dia menjelaskan mekanisme kerja pasar dengan konsep “invisible handsnya. Dampaknya sangat luar biasa.

Bill Gates ternyata hanya bercita2 sangat sederhana, seperti ditulis dibukunya The Road Ahead, Bussiness @ The Speed of Though dan sebagai visi dan misi Microsoft corporation yakni “We work to help people and businesses throughout the world realize their full potential. Everything we do reflects this mission and the values that make it possible.”

Aa Gym juga membuat sesuatu yang sangat sederhana dan semoga bisa merubah peradaban dengan rumus 3-M yaitu mulai dari diri sendiri “Start with your self”, mulai dari yang kecil “Start small” dan mulai saat ini “Start now”. Dampaknya, insya Allah sangat luar biasa.

Tentunya banyak orang orang yang berpengaruh, justru tidak rumit dalam membuat suatu rumus kesuksesan dan ini berdampak luar biasa karena lebih mudah dipahami oleh banyak orang.

Bahkan Guru kita yang sangat luar biasa pengaruhnya dalam kehidupan dunia, rumusnya juga sangat sederhana, yaitu hati, kemudian dijabarkan kalau hati baik, maka baik semuanya dan kalau hati jelek maka jelek semuanya. Guru kita itu adalah Rasulullah saw. Dampaknya sangat luar biasa.

Saya juga punya temen membuat rumus kehidupannya sangat mudah, yaitu nabung dulu baru sisanya untuk makan. Hasilnya, tabungan dunia dan akheratnya, dua-duanya sangat banyak dan berlimpah. Dampaknya, juga sangat luar biasa.

Setiap diri kita, tentunya mampu membuat rumus-rumus sederhana untuk mengungkit kesuksesan, permasalahannya adalah kita sering lebih senang membuat rumus-rumus rumit, sehingga sulit dipahami lingkungan dan bahkan dirinya sendiri juga tidak paham.

Sobat, Hidup ini mudah, maka jangan dipersulit. Buatlah rumus yang mudah, jangan dipersulit. Mudah dipahami orang lain, dan mudah dipahami diri sendiri. Yang penting, daya gempurnya! kalo hanya bisa bicara tapi nggak ada realisasinya itu sih mudah, tiap orang juga bisa.

fachim web!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s