Langsing Tanpa Diet, Berminat??

Tanpa Anda sadari bobot tubuh menyusut dengan sendirinya dan asyiknya lagi Anda tak perlu berjanji untuk seumur hidup menyiksa diri dengan mendera selera lewat pantang makan ini-itu.

Kekeliruan wanita pada umumnya saat menjalani diet ialah terlalu membebani diri akan sebuah ukuran. Sehingga kondisi itu menjadi menyiksa diri mereka, padahal jujur saja, selain berbelanja ada sebuah hasrat lain yang sukar untuk diredam kala keinginan itu menyeruak ke “permukaan”, bukan itu bukan seks melainkan adalah kenikmatan untuk dapat dengan lahap menyantap setiap sajian favorit Anda.

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa ketika seorang dengan sengaja menekan dan melarang diri untuk pantang pada jenis-jenis makanan tertentu, maka semakin besarlah keinginan untuk memakan lebih banyak lagi. “Umumnya wanita itu memang hobi makan dan mengudap, ketika mereka dipaksa agar melupakan saja hobinya tersebut, mereka cenderung menjadi depresi dan menghibur diri dengan mengudap lebih banyak dari sebelumnya” pungkas Tracy Tylka, Ph.D., seorang asisten profesor di bidang psikolog pada Ohio State University. Nah, berikut ada enam cara sederhana yang tak mencekik appetite Anda sebagai makhluk normal yang memang perlu makan.

Mari Makan Enak yang Sehat
Dibandingkan saat diet Anda terobsesi dengan sebatang cokelat yang pada akhirnya malah akan menghancurkan program diet Anda. Sebelum terlanjur terjadi, akan lebih baik dicegah dengan memulai diri membiasakan memakan makanan sehat.

Siapapun yang bilang jenis makanan sehat berarti tawar rasa adalah salah besar, sebab kini semakin banyak resto khusus menyajikan healthy food dengan rasa yang menggugah selera, yang membuatnya beda ialah penggunaan bahan-bahan dasar makanan pilihan yang sesuai kebutuhan sehat. Lalu, makanan banyak serat terkenal dengan khasiatnya yang tinggi, melancarkan pencernaan, cepat membuat kenyang dan mencegah Anda untuk terus menerus melahap makanan.

Lari Bersama Anjing Kesayangan
Jika Anda memang tipe malas untuk berolah raga, datang ke gym bagi Anda bagai waktu yang terbuang sia-sia. Nah, ada satu solusi yang menyenangkan, kegiatan ini terbilang santai tapi mengasyikan, yaitu jalan-jalan santai di pagi hari bersama anjing kesayangan Anda. Awali dengan berjalan ringan terlebih dahulu, kemudian kala Anda merasa tubuh mulai memanas, dengan sendirinya kaki Anda akan mempercepat langkah sehingga seterusnya tanpa Anda sadari Anda sudah berlari bersama si doggie teman setia Anda tersebut.

Menurut Rebecca Johson, Ph.D., seorang penulis artikel kesehatan di berbagai majalah wanita di US, “Program diet tanpa olah raga memakan waktu lama untuk lemak tubuh terkikis banyak. Sebaliknya, jika Anda rutin olah raga tanpa diet, bobot tubuh tetap akan surut dan kelebihan lainnya ialah tubuh menjadi tampak lebih padat”.

Tidur Malam Yang Cukup
Dengan tidur malam yang cukup selama 7-8 jam sehari akan mencegah tubuh untuk memproduksi lebih banyak timbunan lemak. Teorinya begini, apabila di malam hari di mana sudah waktunya Anda memejamkan mata tetapi Anda justru masih terjaga, kondisi ini akan merangsang diri untuk mengudap makanan-makanan manis di malam hari, tentu saja Anda tahu, aktivitas itu pastinya akan sukses membuat tubuh semakin melebar.

“Kurang tidur malam menyebabkan tubuh untuk memproduksi kortisol, yaitu hormon penjangkit stress, bila kerap kali Anda kurang tidur, semakin banyak kortisol yang dihasilkan semakin banyak pula lemak pada perut, karena kortisol memiliki link ke jaringan lemak di perut” urai James Gangswisch, Ph.D., Asisten Profesor bidang psikiatri di Columbia University Medical Centre, New York City.

Tidur yang baik ialah tidur yang tidak diganggu oleh kehadiran sinar apapun, baik itu lampu, televisi yang dibiarkan menyala, dan sebagainya, mengapa? Karena dengan adanya sinar sekecil apapun, mata Anda tidak pernah benar-benar istirahat

Jangan Takut Pedas
Tambahkanlah cabai dan bumbu-bumbu dengan rasa pedas ke dalam makanan Anda, sebab menurut penelitian yang dilakukan The Endocrine Society’s di San Fransisco makanan yang pedas akan menghalangi Anda untuk mengonsumsi lebih banyak karbohidrat.

Para wanita yang kelebihan berat badan berhasil menurunkan bobot sebanyak 30 pounds dalam waktu enam bulan saja dengan trik sederhana tapi cerdas yaitu menyampurkan bumbu sambal yang pedas di tiap menu makananya. Dan dengan rasa yang pedas akan merangsang Anda untuk lebih banyak minum air putih sehingga membuat perut menjadi cepat kenyang.

Jadilah Manusia yang Periang
Seseorang yang kerap cepat merasa sedih, muram dan penuh durja, ditemukan lebih banyak mengudap makanan ringan yang manis-manis dibandingkan mereka yang periang dan banyak tertawa. Benar lho, nyatanya tertawa itu dapat melangsingkan tubuh, menurut sebuah riset yang sempat dilangsungkan di Vanderbilt University, Nashville, ketika Anda tertawa maka jantung Anda akan lebih terpacu sebanyak 20% dari detak normalnya yang kemudian jadi memperlancar sistem pencernaan.

“Otot perut akan berkontraksi kala seseorang sedang tertawa, hal ini mampu mengencangkan otot-otot perut Anda” jelas Mac Buchowski, Ph.D. Metabolisme tubuh yang terpacu dikarenakan tertawa selama 15 menit mampu mengikis 14.600 kalori per tahun.

Tiga Alasan Wanita Wajib Berolah Raga
Hampir 20 persen wanita berolah raga dua kali dalam seminggu. Menurut survey yang dilakukan oleh U.S. Centers for Disease Control pada tahun 2004, lebih dari 17.5 persen wanita secara melakukan pekerjaan rumah yang sebenarnya secara tak langsung juga melatih kekuatan otot tangan.

Survey lainnya menunjukkan bahwa 80 persen wanita di dunia masih suka mengabaikan olah tubuh dalam kehidupan sehari-harinya. Agar Anda selalu senantiasa terdorong untuk berolah raga, coba Anda lekatkan catatan berisi kalimat motivator berikut di tempat yang mudah terlihat.

Motivator Pertama
“Wanita rentan terhadap osteoporosis. Olah raga secara rutin dapat meningkatkan kepadatan tulang, sehingga saya pun bisa terhindarkan dari tulang yang semakin keropos akibat usia yagn bertambah”

Motivator Kedua
“Saya akan menjaga metabolisme saya. Melatih otot berarti membakar kalori. Semakin sering saya berlatih, semakin banyak pula kalori yang terbuang”

Motivator Ketiga
“Saya ingin tubuh saya terlihat langsing dan padat. Dengan berolah raga, timbunan lemak pun akan menjadi otot dan target tubuh langsing saya akan terlaksana. Plus, saya jadi lebih sehat”

Sumber : hersmagz
Teks : Syafrina
Image : Istimewa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s