Bila si Kecil Menolak untuk Makan

Bila si Kecil Menolak untuk Makan

Orangtua yang peduli pasti akan menyediakan makanan sehat buat anak-anaknya. Tetapi bagaimana bila buah hati Anda menolak makanan sehat yang telah Anda sediakan? Bagaimana bila ia tidak mau makan kecuali bila Anda memasakkan mie instan atau jenis makanan tidak sehat lainnya?

Walaupun Anda mengkhawatirkan kesehatan dan pertumbuhannya, Anda tidak perlu memaksa anak Anda untuk memakan semua makanan yang Anda siapkan untuknya, apalagi menghukumnya. Ada beberapa “cara halus” yang dapat diaplikasikan untuk memotivasi anak Anda untuk menikmati makanan sehat yang telah Anda siapkan itu.

Hormati selera makan anak Anda.

Anak kecil cenderung makan ketika mereka sudah merasa lapar. Bila anak Anda belum lapar, jangan paksa ia untuk makan. Pula, jangan paksa anak Anda untuk menghabiskan semua makanan yang ada di piringnya. Ini hanya akan memicu “perlawanan” mereka terhadap jenis-jenis makanan tertentu.

Ikuti rutinitas.

Sediakan makanan pada waktu yang sama setiap hari. Sediakan makanan,minuman, atau camilan di meja makan setidaknya sejam sebelum jam makan. Bila anak Anda mendatangi meja makan pada saat ia merasa lapar, dia mungkin akan lebih termotivasi untuk makan.

Bersabar dengan makanan baru.

Anak-anak cenderung menyentuh atau mengaromai makanan yang belum mereka kenali, bahkan menggigit sedikit, kemudian membuangnya. Anak Anda mungkin butuh “berkenalan” hingga beberapa kali sebelum dia mulai menikmati makanan tersebut. Sebaiknya pancing pembicaraan dengan anak Anda mengenai warna, bentuk, aroma, dan tekstur makanan itu, tetapi bukan tentang rasanya.

Buat jadi menyenangkan.

Anak Anda mungkin akan lebih menikmati sayurannya bila Anda menyajikannya bersama dengan kuah favoritnya atau memotongnya dalam bentuk-bentuk yang disukainya. Anda juga dapat menawarkan menu sarapan pagi di jadwal makan malamnya.

Minta bantuan anak Anda.

Pada saat belanja, mintalah anak Anda untuk memilih sayuran atau makanan sehat lain. Jangan beli bahan makanan yang Anda tidak ingin dikonsumsi oleh anak Anda. Di rumah, minta bantuan anak Anda untuk membersihkan sayuran, mengaduk adonan, atau mengatur meja makan.

Berikan contoh yang baik.

Bila orangtua mengonsumsi berbagai makanan sehat, biasanya si anak akan melakukan hal yang sama.

Cerdik.

Tambahkan irisan wortel ke makanan anak Anda, misalnya ke dalam supnya.

Dengan demikian, anak Anda akan mengonsumsi makanan sehat tanpa disadarinya.

Kurangi gangguan.

Matikan televisi ketika jam makan dan jangan ada buku atau mainan diatas meja makan.

Jangan tawarkan makanan pencuci sebagai hadiah.

Menunda memberikan makanan pencuci mulut mengindikasikan kalau makanan pencuci mulut adalah yang terbaik dan ini hanya akan memperbesar minat anak Anda terhadap makanan yang manis. Anda bisa memilih satu hari tertentu sebagai “malam pencuci mulut” dan melewatkan pencuci mulut dimalam-malam lain atau menggantinya dengan buah-buahan atau makanan sehat lain.

Jangan mempersiapkan makanan lain.

Biasanya, bila si anak menolak makanan, orangtua akan mempersiapkan makanan lain yang disukai si anak. Ini hanya akan memotivasi si anak menjadi pemilih makanan. Tetap sediakan makanan sehat sampai mereka terbiasa dan menyukai makanan tersebut.

Penuhi Kebutuhan Nutrisinya

Orangtua biasanya akan khawatir bila anaknya cenderung malas makan atau suka memilih-milih makanannya. Kekhawatiran ini berkaitan dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh si anak untuk kesehatan dan perkembangannya. Itulah sebabnya mengapa orangtua sebaiknya mempertimbangkan untuk memberikan suplemen buat buah hatinya.

HD Honeybee PollenS adalah suplemen yang diformulasikan khusus untuk anak. Suplemen ini mengandung produk perlebahan yang kualitasnya telah dikenal luas, yakni bee pollens, bee propolis, dan clover honey.

Bee pollen adalah makanan sempurna dari alam dan dikenal kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak sekaligus membantu perkembangan tubuh dan otak anak. Bee propolis adalah produk perlebahan yang akan meningkatkan kekebalan tubuh anak Anda sehingga ia dapat beraktivitas tanpa menimbulkan rasa khawatir Anda kalau ia akan mudah jatuh sakit. Clover honey adalah madu terbaik yang akan melindungi sistem pencernaan anak Anda.

Dengan rasa vanilla dan madu serta formula yang dirancang khusus untuk anak-anak, HD Honeybee PollenS adalah suplemen yang tepat untuk anak Anda. Berikan HD Honeybee PollenS dan bantu ia mengurangi kebiasaan memilih-milih makanan, maka anak Anda akan menjadi anak yang sehat dan bertumbuh optimal.

Sumber : milis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s