HARAPAN HIDUP BARU MANUSIA ABAD KE 21

Posted by: “Kusnara” kusnara@yahoo.co.id kusnara

Manusia adalah satu-satunya makhluk yang mendambakan kesehatan, kebaikan dan kecantikan. Namun yang paling diutamakan dalam mencapai keinginan2nya adalah kesehatan tubuh.

Pencegahan penyakit adalah langkah paling efektif dari semua teknologi tinggi dibidang pengobatan karena ada pepatah ‘ cegah sebelum terjadi ‘ patut menjadi pedoman hidup. Kita perlu memahami sebab-sebab setiap jenis penyakit lebih dulu.

Misal : kanker berawal dari gaya hidup yang tidak sesuai dan lingkungan yang tidak sehat. Oleh sebab itu kita harus hati-hati memilih makanan dan obat-obatan. Tekanan darah tinggi, lemah jantung, dll kebanyakan berawal dari masalah peredaran darah jadi kita harus hati-hati memilih makanan dan rajin berolah raga untuk meningkatkan dan melancarkan peredaran darah serta metabolisme tubuh. Semua ini terlihat rumit namun sebenarnya mudah dilaksanakan.

Masyarakat modern pada umumnya tidak memperoleh vitamin, serat, mineral yang mencukupi karena kurangnya konsumsi buah dan sayur, tapi lebih suka daging, susu, telur, makanan ringan dan manis secara berlebihan.

Menurut penyelidikan ahli kesehatan Amerika Serikat tahun 2000, kira-kira 30% penyakit kronik berawal dari cara makan yang tidak sehat. Penambahan bahan pengawet dan pewarna, cara masak dengan suhu panas, menggoreng merupakan penyebab hilangnya kandungan yang bermanfaat dalam makanan.

Faktor lainnya adalah terlalu sibuk dan capek dengan jadual kerja, kurang tidur, kurang istirahat menjadikan badan kita lemah. Badan yang lemah mengganggu fungsi badan yang normal, menurunkan keaktifan enzim, melemahkan daya tahan sekaligus memperlambat kadar metabolisme.

Keadaan ini mengaktifkan pembiakan bakteri dan sel kanker. Dan inilah yang membuat masyarakat diserang berbagai penyakit modern. Pusat Organik yang berpusat di Colorado, AS sering bekerjasama dengan universitas dari AS dan Eropa untuk menjalankan kajian dan penelitian atas tanaman organik, mendapatkan kandungan khasiat yang ada dalam makanan organic 25 % lebih tinggi dari tanaman biasa. Kajian tersebut juga membuktikan makanan atau sayuran dan buah organic meningkatkan fungsi antioksida dalam tubuh 30%.

Tanaman organic di tanam di tanah yang bebas besi dan bahan kimia, di siram dengan air yang tidak tercemar dan cukup dapat sinar matahari. Tanaman tersebut dapat menyerap dengan sepenuhnya mineral dan unsur yang bermanfaat yang terkandung dalam tanah.

Oleh karena itu biasanya sayuran dan buah organic kaya akan vitamin, mineral, serat, khlorofil dan unsur-unsur bermanfaat lainnya. Selain bermanfaat juga makanan organic lebih tahan lama dan lebih sedap di makan.

Gaya hidup organic telah menjadi aliran popular di seluruh dunia. Produk-produk organic juga mulai disukai banyak orang. Makanan organic bisa di peroleh di mana-mana, maka tubuh yang sehat dan hidup sejahtera bukan lagi impian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s