Aterosklerosis – Bom Waktu Serangan Jantung dan Stroke !

Posted by: “Hepi Poponk” hepihan@yahoo.com

Tahukah Anda bahwa penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia? Di Amerika setiap tahunnya 1,5 juta orang mengalami serangan jantung. Pada tahun ini, diperkirakan 1,2 juta warga Amerika akan mengalami serangan jantung awal maupun kambuhan.

Penyebab

Penyebab terjadinya aterosklerosis adalah merokok, mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, glukosa darah yang tinggi,berat badan yang tidak terkontrol (obesitas), tidak berolahraga, dan stress. Hasil penelitian akhir-akhir ini menyebutkan bahwa reaksi peradangan (inflamasi) dari penyakit infeksi kronis mungkin juga menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Bagaimana serangan jantung terjadi ?

Awal dari penyakit ini adalah tingginya level kolesterol LDL di dalam tubuh. Kolesterol yang teroksidasi oleh radikal bebas (sinar matahari,polusi, dll) akan menyebabkan terjadinya penumpukkan plak-plak dipembuluh darah yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah ini biasa dikenal dengan nama Aterosklerosis. Plak yang terbentuk bisa menghalangi aliran darah dan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh jaringan tubuh.

Apa aterosklerosis itu?

Aterosklerosis adalah kondisi dimana terjadi penyempitan pembuluh darah akibat timbunan material lemak yang meningkat dalam dinding pembuluh darah yang akan menghambat aliran darah. Peneliti menjelaskan bahwa stress oksidatif merupakan faktor penyebab disfungsi endotel pembuluh darah, sebagai kunci terjadinya abnormalitas pengerasan dinding pembuluh darah dan aterosklerosis.

Jika penyempitan pembuluh darah terjadi di dalam pembuluh darah yang menuju ke otak (arteri karotid), maka bisa terjadi stroke. Jika terjadi di dalam pembuluh darah yang menuju ke jantung (arteri koroner), bisa terjadi serangan jantung.

Obat antikolesterol (golongan statin) memang bisa menurunkan kolesterol, tetapi plak-plak yang terbentuk tidak bisa hilang, padahal plak tersebutlah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Mencegah Aterosklerosis Secara Alami

Penelitian memperlihatkan bahwa superoxide dismutase (SOD), merupakan anti oksidan enzim sebagai sistem pertahanan penting bagi tubuh yang memainkan peranan utama dalam mengatur fungsi endotel dari kerusakan oleh radikal superoxide penyebab stress oksidatif.

Sebuah penelitian terbaru memperlihatkan bahwa suplemen alami ini tidak hanya memperbaiki tanda aterosklerosis pada dinding pembuluh darah manusia, namun juga sangat baik dibandingkan jutaan dolar peresepan obat golongan statin sebagai penurun kolesterol.

Obat-obat golongan statin hanya dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi timbunan lemak dalam pembuluh darah, namun kombinasi SOD-gliadin (GliSODin) dapat mengikis plak di dinding pembuluh darah hingga bersih.

Suplemen ini merupakan “senjata baru” yang ampuh menurunkan resiko serangan jantung dengan mengatasi proses aterosklerosis yang terjadi. Dengan peningkatan status antioksidan enzim alami tubuh yaitu superoxide dismutase (SOD), para peneliti menunjukkan bahwa sangat mungkin SOD digunakan untuk mencegah terjadinya aterosklerosis secara alami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s