Kapan Yah Harus Cabut Gigi Susu?

Pengertian

Gigi susu atau gigi sulung adalah gigi-geligi yang pertama kali tumbuh pada periode tumbuh kembang anak, biasanya ada 5 buah di setiap regio, terdiri dari 2 gigi seri, satu gigi taring, dan 2 gigi geraham, jadi jumlah keseluruhannya 20 buah gigi dalam rongga mulut anak.

Pertumbuhannya sendiri diawali dengan gigi seri bawah, pada usia rata-rata 6 bulan, kemudian dikuti dengan pertumbuhan gigi seri atas, kemudian gigi taringdan gigi geraham. Biasanya gigi susu sudah lengkap pada usia 2 tahun.

Kecepatan pertumbuhan gigi setiap anak berbeda-beda dan sangat bervariasi, dipengaruhi oleh faktor genetik, asupan gizi dan stimulus yang diberikan. Jika anak memiliki perbedaan kecepatan pertumbuhan dengan anak-anak seusianya, bisa diselidiki apakah orang tuanya mengalami hal yang sama pada saat masih kecil.

Biasanya hal yang terjadi pada kedua orang tunya diwaktu kecil akan berulang pada keturunan selanjutnya. Kemudian asupan makanan juga sangat berpengaruh, dengan makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D, akan merangsang pertumbuhan gigi anak lebih cepat, begitu pula dengan stimulus yang sering diberikan, semakin banyak frekuensinya, akan semakin mempercepat pertumbuhan gigi anak.

Sumber ;.klinikgi gisehat.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s