Hamil dengan Transplantasi Jaringan Ovarium

Bagi wanita penderita kanker ovarium, kini tak perlu khawatir tak bisa lagi punya anak. Dokter telah menemukan teknik untuk mentransplantasikan kembali jaringan ovarium, yang kemudian menghasilkan telur dan membuat wanita hamil.

Tim dokter dari Universite Catholique de Louvain di Brussel berhasil mengambil sebagian jaringan ovarium seorang wanita dan menyimpannya ketika wanita tersebut menjalani pengobatan kanker jenis Hodgkin’s Lymphoma.

Mereka kemudian mentransplantasikan kembali jaringan tersebut saat wanita yang dirahasiakan namanya tersebut telah sembuh. Kini wanita berusia 25 tahun itu dikabarkan telah hamil 25 minggu.

Kabar menggembirakan terungkap dalam pertemuan tahunan European Society for Human Reproduction and Embryology (ESHRE) di Jerman. Profesor Jacques Donnez, ketua tim dalam menangani masalah tersebut, mengatakan bahwa anak dalam kandungan merupakan hasil pembuahan normal.

Sebelumnya sejumlah peneliti lain telah mencoba, namun tim dari Belgia ini dilaporkan merupakan yang pertama yang bisa membuat wanita bersangkutan hamil. Empat bulan setelah jaringan ovarium ditransplantasikan, indung telur tersebut mulai berfungsi secara normal.

“Wanita tersebut hamil dan dia seperti tak percaya ‘keajaiban’ ini bisa terjadi,” kata Donnez.

Hampir semua wanita yang telah menjalani pengobatan kanker ovarium tak bisa lagi hamil. Karena itu hasil percobaan tim Donnez memberikan harapan cukup cerah bagi mereka.

 

Sumber : Astaga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s