Beras Merah

Hello,
Saya tergelitik utk mengomentari tulisan yg begitu yakin bahwa beras merah sangat baik bagi kesehatan.

Begini:
Pada mulanya memang beras yg berwarna merah adalah beras dg kendala:

  1. ulit ari beras yg banyak mengandung serat dan vitamin B masih melekat pada beras itu sendiri sebagai akibat dari proses pembuangan kulit luar yg diulakukan secara ditumbuk dg baik, dan bukan dilakukan dg mesin.
  2. Beras dg varietas tertentu yg berkulit ari berwarna merah dan dikendarai bahwa dlm kulit ari yg berwarna merah tersebut mengandung cukup banyak phyto nutrient yg lain selain B1 tadi yg membantu berbagai kendala kelainan tubuh, tetapi ini bukan obat, jadi perlu kendala lainnya seperti a/l penyerapan usus, kompatibility tubuh dg varietas yg ada dan bagaimana tubuh menyikapi beras ini ketika berada didalam perut dan mengalami proses pencernaan (ada perut yg bereaksi spontan dg beras jenis ini dan menolaknya)
  3. Beras adalah hasil penanaman secara bio dg non peptiside atau pun tdk mengalami pertumbuhan dg non organik pupuk, serta tanah dan air yg baik tanpa kontaminant yg berlebihan seperti air raksa, belerang dllnya.

Nah dg kendala tersebut kemudian beras ini menjadi lebih mahal harganya,agak sukar diperoleh, karena hasil panenya yg tdk terlalu masal dan berbagai kendala termasuk menggunakan tenaga manusia utk menghasilkan beras ini.

Peluang ini lalu diambil sebagai peluang bisnis tanpa menghiraukan apakah manusia yg akan menggunakannya bisa atau boleh menggunakannya tanpa mengalami gangguan kesehatan.

Maka jadilah beras merah jadi2an, beras merah campuran, dan hampir tdk terlihat beras merah tanpa kontaminasi dari berbagai bahan2 yg bagi dewasa saja sdh ada penolakan tubuh, apalagi bagi anak2 dan balita?

Maka utk menjawab pertanyaan yg disampaikan oleh Bramova, tdk dg serta merta jawabanaya adalah sangat bagus, hebat, baik, dstnya, tetapi mesti dilihat beras merah yg bagaimanakah yg di maksdu dan diberiklan kepada babynya.

Saya ambil contoh sederhana saja:
Beras merah campuran:
dlm beras merah campuran ini masih perlu dibagi lagi, berapakah kadar beras putih yg diambilkan dan dicampurkan kedlam beras merah tadi, berapakah kadar beras merah jadi2an yg juga ikutan kedlam campuran ini,

lalu apa2 saja yg di pakai sebagai bahan utk mengelola produk ini sehiungga menjadi produk yg menarik, mengesankan asli, dan bersinar sebagai beras merah, padahal hasilnya bukan dari beras merah yg benar2 ada kandungan phytonutrientnya.

Kita amnbil saja bahwa beras merah yg benar2 masih berkulit ari, dan dari varietas yg menghasilkan manfaat, memilki harga sekilonya 90 ribu,oleh karena itu diambilkan 1/4 kilonya jadi hanya mengandungi harga asli 22,5 K.

kemudian diambil beras jadi2an yg berasal dari beras putih, slip mengandung pemutih dan peptisida, sebanyak 1/2 kg, dg harga 5K /kg atau digunakan hanya 2,5K saja harganya, jadi harga beras ini yg berjumlah 3/4 kg mempunyai harga pokok sebesar 25K.

dan sisanya 1/4 kg lagi dicampurkan beras putih bersih jenis yg sama dg jadi2an dan kemudian mengantongi harga 1,25K. bahan2 pewarna dan pengharum beras agar terlihat cantik dan wangi seharga 1.25K; atau total harga per kgnya adalah 27.5K.

menjual beras ini dg harga 40 K, maka diperoleh keuntungan sebesar 20K, sementara konsumen menderita baik ganguan lambung, sampai pada keracunan berat, tdk menjadi masalah, karena saya tdk memaksa konsumen utk membelinya, saya tawarkan dan konsumen membelinya karena harga beras merah asli seluruhnya adalah 90K, sedangkan beras jadi2an merah cantik ini kan hanya 40K. Pengusaha untung 12,5K / 1/4 kg artinya keuntungan per kg mencapai 50K,pada hal kalau menjual langsung dg harga 90K keuntungan hanya berkisar 5K per kgnya.

Konsumen kalau dilihat dari pengeluaran dana, hanya membayar 40K perkgnya padahal yg dibeli adalah:

Beras putih slip dg berbagai bahan kimia seperti pengawet, pemutih,pelicin dan pemengkilap, Bahan2 pewarna dan pewangi, serta beras yg sebenarnya yg mestinya berguna utk kesehatan hanya sebesar 1/4 kg dg keseluruhan kalau membeli sendiri adalah:
1/4 kg dari 90K = 22.5K + beras ber petisida, pengawet, pemutih, pelicin dan pemengkilap 3/4kg dari 5K = 3,75K = 26.25K dan ternyata membayar +13,75 K utk produk yg sama ditambah tambahan racun dari pewarna dan pewangi utk dinikmati dg mata yg cantik.

Artinya dg kupasan ini, secra financial anda dirugikan, secara kesehtan anda dirugikan, dan secara hak mendapatkan produk yg anda pikir itu baik, anda mendaptkan produk yg tdk bermanfaat, karena phytronutrient yg dikandung dlm 1/4 kg menjadi hancur dan bahkan tubuh dirugikan dg adanya 3/4 bagian beras yg merugikan kesehatan anda (peptisida, pengawet,pewangi, pewarna, pemengkilat, dan pemutih).

Tanpa sengaja ketika saya hunting beras yg tdk ada pemutihnya, karena dikendarai mengganggu pencernaan, saya mendaptkan jawaban dari pegawai pabrik yg menyatakan bahwa, tdk ada beras yg tanpa pemutih, karena semua pabrik ingin berasnya terlihat cantik, menarik dan menawan utk dibeli.

Kemudian saya juga menajdi sangat kaget ketika mengetahui dari siaran TV bahwa buah2an pun berformalin dan ber bahan pemanis serta pewarna agar menarik pembeli tanpa memperdulikan keshatan pembelinya.

Semoga anda bisa memutuskan apakah bears merah anda bermanfaat dan berguna bagi anak anda, atau sebaliknya anda bertindak sevra sistemetis meracuni anak anda sebagai akibat dari ulah pebisnis yg tdk manusiawi.

Semoga bermanfaat,
Wassallam,

sumber : milis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s