Cara jitu mencapai kemandirian finansial

Judul buku : Secret of Self-Made Millioners
Pengarang : Adam Khoo
Penerbit : Seng Lee Press Pte.Ltd
Tebal : 364 halaman
Tahun : 2006

Menjadi seorang miliuner ternyata tak sesulit yang dibayangkan dalam benak kita. Paling tidak ini pendapat entrepreuner jempolan asal Singapura Adam Khoo dalam bukunya Secret of Self-Made Millioners.

Menurut Khoo, sebelum menjadi seorang miliuner, Anda harus siap. Artinya, siap menghadapi hambatan dan tantangan, termasuk juga menapaki jalan untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Tak harus lulus Harvard atau memiliki modal besar untuk menjadi seorang yang beruntung. Kuncinya cukup memelihara aset pikiran dan intelektual.

Dalam buku setebal 364 halaman ini, Khoo menuturkan kunci dalam mencapai tujuan menjadi miliuner adalah dengan menciptakan, mengelola, menggandakan, dan menikmati uang Anda.

Langkah awal yang dipaparkannya adalah tujuh kunci menciptakan kekayaan yakni mengadopsi pikiran para miliuner, menentukan target keuangan, menciptakan rencana finansial, meningkatkan pendapatan, mengelola keuangan dan mengurangi pengeluaran, menambah kekayaan, dan yang terakhir adalah melindungi harta kekayaan.

Sebelum menjadi seorang miliuner, diperlukan juga mental seorang miliuner seperti memiliki ekspektasi besar, proaktif, tanggung jawab 100%, tidak cepat puas, melakukan apa yang disukai, loyal, berkomitmen 100%, mengubah kegagalan menjadi kesuksesan, dan menghormati dan mencintai uang Anda.

Jika kedua langkah tersebut sudah terlewati artinya setengah jalan sudah hampir Anda lewati. Langkah selanjutnya adalah mengelola arus kas yang ditentukan dari pengelolaan aset yang Anda miliki. Kali ini, Khoo membagi aset menjadi dua bagian yakni aset arus kas positif seperti investasi saham, properti dan negatif yakni bunga kredit mobil, kredit rumah.

Kedua aset ini harus dikombinasi dan dikelola dengan baik agar bisa menghasilkan arus kas positif bagi keuangan dan tidak membebani finansial Anda. Langkah selanjutnya menjadi seorang miliuner dengan jalan singkat adalah berani mengambil risiko, seperti halnya berani berinvestasi pada salah satu instrumen investasi, seperti saham, properti, maupun bisnis lainnya. Kuncinya, Anda harus mengenal investasi tersebut dan mau belajar bagaimana meraih sukses dengan investasi yang Anda miliki.

Langkah terakhir yang merupakan langkah penting dalam mencapai tujuan sebagai miliuner adalah mendesain peta menuju seorang miliuner. Sebuah perjalanan, menuju kemanapun itu, pasti memerlukan suatu peta agar tidak tersesat di perjalanan. Peta inilah yang akan mengantarkan Anda pada tujuan akhir menuju sukses sebagai seorang miliuner.

Dalam membuat peta perjalanan kesuksesan inipun, diperlukan lima kunci atau strategi yang tepat untuk mengaplikasikannya. Peta tersebut haruslah spesifik dan terukur, kuat dan bisa menantang Anda, dikendalikan oleh kekuatan mengapa, rencana strategi atau aksi, dan juga batas waktu (deadline). Jika sudah siap menjalani semuanya, Anda telah siap menjadi seorang miliuner.

Buku ini menggambarkan secara spesifik jalan menuju sukses itu mudah diraih jika kita konsisten dan berkomitmen tinggi dengan tujuan akhir. Karena segalanya memang akan lebih mudah tercapai jika ada kesungguhan yang besar.

Dari pemaparannya yang cukup jelas, buku ini cocok menjadi pegangan untuk para entrepreneur, manajer, profesional, eksekutif, dan orang-orang yang bermimpi untuk mencapai kebebasan finansial. (redaksi@bisnis.co.id)

Mia Chitra Dinisari

Kontributor Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s